Sukses

Kejar Target, Vaksinasi Lansia di Bekasi Dilakukan Door to Door

Vaksinasi door to door untuk kaum lansia di wilayahnya dilakukan serentak sejak 8 Februari 2022.

Liputan6.com, Bekasi - Vaksinasi lansia di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dilakukan dengan skema door to door. Hal ini untuk mempercepat pencapaian vaksinasi lansia yang belum mencapai target.

Vaksinasi door to door salah satunya dilakukan di Kecamatan Tambun Utara. Vaksinasi dosis kedua tersebut menargetkan 1.500 orang lansia hingga akhir pekan ini.

"Kita mulai fokus sesuai perintah Pak Bupati dan Pak Sekda untuk melakukan vaksinasi lansia dosis ke dua," kata Camat Tambun Utara, Najmuddin, Senin (14/2/2022).

Ia berujar, vaksinasi door to door hari ini diikuti sekitar 500 warga lansia. Seluruh penerima vaksin berasal dari delapan desa di wilayah Kecamatan Tambun Utara.

"Tambun Utara yang terdata dapat kouta 1.500, dengan rincian 500 di Puskesmas Karangsatria dan 1.000 di Puskesmas Sriamur," ujar Najmuddin.

Menurutnya, vaksinasi door to door untuk kaum lansia di wilayahnya dilakukan serentak sejak 8 Februari 2022. Kegiatan ini turut melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas, unsur Muspika, pemerintah desa dan RT/RW setempat.

Najmuddin berharap dengan memperoleh vaksin dosis kedua, imunitas kaum lansia di wilayahnya semakin kuat sehingga mencegah dari virus Covid-19.

"Seandainya vaksin lansia sudah dilaksanakan Insya Allah Kabupaten Bekasi kembali turun ke level 1," imbuhnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Tiga Hari

Kegiatan vaksinasi lansia door to door juga dilakukan di Kecamatan Cibarusah untuk mempercepat capaian vaksinasi.

"(Vaksinasi door to door) sudah berlangsung selama tiga hari dan akan dilakukan sampai target atau sasaran tercapai," ujar Camat Cibarusah, Muhammad Kurnaepi.

Skema ini menurutnya cukup efektif karena warga lansia yang akan divaksin bisa langsung dihadirkan. Petugas berkoordinasi dengan pihak RT setempat untuk mendata warga lansia yang akan divaksin.

Kurnaepi menyebutkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, ada kurang lebih 1.600 lansia di wilayahnya yang belum mengikuti vaksinasi.

"Dari data itu memang ada sekitar 100 lansia yang bukan warga Cibarusah, bahkan luar Kabupaten bekasi. Ada juga ditemukan warga yang sudah meninggal atau pindah tempat," jelasnya.

Ia juga mengingatkan warganya untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah kasus Covid-19 yang kembali melonjak di Kabupaten Bekasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.