Sukses

PVMBG Imbau Waspada Potensi Retakan Tanah dan Likuifaksi Usai Gempa NTT

PVMBG mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai potensi dampak susulan usai gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Liputan6.com, Jakarta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai potensi dampak susulan usai gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kejadian gempa bumi ini diperkirakan berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya ikutan berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah, dan likuifaksi. Oleh karena itu agar penduduk mewaspadai dampak bahaya ikutan tersebut," tutur Kepala PVMBG Andiani saat konferensi pers, Rabu (15/12/2021).

"Apabila menemukan retakan tanah pada bagian atas bukit yang berbentuk melingkar ke arah lembah, harap diwaspadai karena dapat memicu terjadinya gerakan tanah yang dapat dipicu oleh curah hujan tinggi dan guncangan gempa bumi kuat," sambungnya.

Meski begitu, Andiani meminta masyarakat tetap tenang serta mengikuti arahan dan informasi dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Termasuk waspada dengan kejadian gempa bumi susulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Terpancing Isu

Juga jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami.

"Saat ini tim tanggap darurat bencana gempa bumi dan tsunami, pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, telah disiapkan menuju lokasi kejadian untuk melakukan pengamatan lapangan, kajian, dan analisis detail terkait kejadian gempa bumi longsor," kata Andiani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).
    Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

    Gempa NTT

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • PVMBG