Sukses

16 Nelayan Tenggelam di Teluk Jakarta, 3 Meninggal Dunia

Dua nelayan meninggal karena terjepit oleh kapal, kemudian yang satunya karena tidak bisa berenang.

Liputan6.com, Jakarta TNI Angkatan Laut (AL) dalam hal ini Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada I usai mengevakuasi 16 orang nelayan yang sempat tenggelam di perairan Teluk Jakarta. Kejadian ini terjadai pada Minggu siang.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I, Letkol Laut (P) Laode Muhamad mengatakan, dari 16 orang yang tenggelam tersebut, tiga di antaranya meninggal dunia dan 13 orang lainnya selamat. Kini, jenazah sudah diserahkan ke Polisi Air Polda Metro Jaya.

"Yang meninggal diserahkan ke Pol Air Polda Metro Jaya untuk keperluan visum. Sementara yang 13 lainnya dievakuasi ke Rumah Sakit Koja untuk dilaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum akhirnya diizinkan pulang," kata Laode saat dihubungi merdeka.com, Minggu (21/3/2021).

Ia menjelaskan, dari tiga orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya akibat terjepit kapal yang mereka tumpangi berukuran tujuh meter dan satu orang lainnya karena tak bisa berenang.

"(Ditemukan mengambang) iya, kecuali ada dua orang yang terjepit akhirnya meninggal terjepit oleh kapal itu pada saat dievakuasi," jelasnya.

"Jadi yang meninggal ini informasinya memang tidak bisa berenang. Yang dua terjepit oleh kapal, kemudian yang satunya ini tidak bisa berenang, informasinya begitu," sambung dia.

Ia menyebut, untuk proses evakuasi para korban ini memakan waktu selama satu jam setelah pihaknya mendapatkan informasi adanya kapal nelayan yang terombang-ambing.

"(Proses evakuasi) Kalau di lautnya kurang lebih satu jam, jadi pada saat kurang jam 12.15 WIB mendapatkan laporan ada kapal atau ada nelayan terombang-ambing di laut dan tenggelam itu, tim dari Dislambair dan Kopaska Koarmada I langsung menuju ke lokasi," sebutnya.

"Karena cuaca yang kurang bersahabat, sehingga proses evakuasinya memakan waktu kurang lebih satu jam," sambungnya.

Berikut 13 nelayan yang selamat:

1. Heri Samsul (42)

2. Haji Hanafi (60)

3. A. Sofian (40)

4. Andi Saifudin (36)

5. Ardi (39)

6. Acan (53)

7. Acek (45)

8. Dudung Abdul Rahim (49)

9. Budi (40)

10. Nanang S (40)

11. Bambang Yudistira (35)

12. M. Rahman Abdullah (23)

13. Suherman (48)

 

Berikut 3 nelayan yang meninggal dunia:

1. Tjungseng Engun (47)

2. Gunawan Law (36)

3. Yahya Suryadi (44)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Sebanyak 16 orang nelayan tenggelam di perairan Teluk Jakarta, Minggu (21/3/2021). Kapal mereka tenggelam dalam perjalanan pulang ke daratan. Peristiwa itu terjadi di dekat Pondok Dayung.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I, Letkol Laut (P) Laode Muhamad menceritakan kronologinya. Peristiwa itu dimulai saat mesin kapal mati.

"Jadi itu nelayan atau pemancing berjumlah 16 orang rencana mau kembali ke darat, kemudian belum sempat memasuki area pelabuhan, mesin kapal mereka mati," kata Laode.

Kapal yang mempunyai panjang tujuh meter ini terombang-ambing. Hingga menghantam ombak. Kapal mereka pecah.

"Terombang-ambing oleh ombak menghantem ke pickwater pemecah ombak yang ada di sana. Menyebabkan kapal mereka pecah, kemudian tenggelam," jelasnya.

Cuaca yang kurang bersahabat membuat proses evakuasi terhadap para korban berlangsung selama satu jam. Evakuasi dilakukan tim dari Dislambair dan Kopaska Koarmada I.

Kendala lain, saat melakukan evakuasi para nelayan, petugas tidak menemukan satu pun pelampung. "Pada saat pelaksanaan evakuasi tadi tidak ditemukan," ucapnya.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.