Sukses

7 Pernyataan dan Harapan Jokowi Terkait Pembangunan Tol Langit Palapa Ring

Presiden Jokowi menilai pentingnya keberadaan tol langit Palapa Ring untuk mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, dan mendukung sinergi budaya nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut selama lima tahun ke belakang, pemerintah berupaya membangun konektivitas nasional. Salah satunya adalah berfokus pada digital dengan membangun tol langit.

Tol langit yang dimaksud adalah Palapa Ring yang bertujuan menghubungkan seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan telekomunikasi.

"Kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit. Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, bukan," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19 dari Istana Negara Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Jokowi menilai pentingnya keberadaan tol langit Palapa Ring untuk mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, dan mendukung sinergi budaya nusantara.

"Tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," tutur Jokowi.

Meski begitu, Jokowi menegaskan, transformasi digital tidak hanya untuk menguntungkan pihak luar, tetapi juga harus mampu mendorong tingkat komponen dalam negeri, pemakaian produk-produk dalam negeri, dan mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

Berikut sejumlah pernyataan Jokowi terkait pembangunan tol langit Palapa Ring dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bukan Hanya untuk Kepentingan Ekonomi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan selama lima tahun terakhir, pemerintah terus berupaya membangun konektivitas nasional, yang salah satunya juga berfokus pada digital dengan membangun tol langit.

Adapun pembangunan tol langit tersebut merujuk pada Palapa Ring agar bisa menghubungkan seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan telekomunikasi.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19 dari Istana Negara Jakarta, Jumat (26/2/2021).

"Kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit. Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, bukan," kata Jokowi.

Dia memandang keberadaan tol langit di Indonesia penting. Pasalnya, kehadirannya dapat mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, dan mendukung sinergi budaya nusantara.

"Tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," tutur Jokowi.

 

3 dari 8 halaman

Siapkan Beberapa Program

Jokowi mengatakan, pembangunan konektivitas digital dan talent digital telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program.

Misalnya, penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah satria, pembangunan menara-menara Base Transceiver Station (BTS), program digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital.

"Saya mengapresiasi semua pihak terutama Kemenkominfo yang telah bekerja keras untuk itu," kata dia.

 

4 dari 8 halaman

Jangan Hanya Untungkan Pihak Luar

Dengan adanya pembangunan Tol Langit, Jokowi berharap upaya ini tidak hanya menguntungkan pihak luar saja.

"Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impror, ini yang selalu saya tekankan. Kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita," kata Jokowi.

 

5 dari 8 halaman

Harus Mampu Tingkatkan Kemampuan Dalam Negeri

Menurut Jokowi, transformasi digital harus mendorong tingkat komponen dalam negeri, pemakaian produk-produk dalam negeri, dan mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan kedaulatan dan kemandirian digital ini bukan berarti Indonesia bangsa yang proteksionisme.

"Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan tetapi kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices dari raksasa digital dunia," kata Jokowi.

 

6 dari 8 halaman

Jadi Solusi Semua Pihak

Jokowi menegaskan bahwa transformasi digital harus menjadi win win solution bagi semua pihak.

Dia berharap program konektivitas digital 2021 dapat menghubungkan Indonesia dengan teknologi baru.

"Saya berharap program konektivitas digital 2021 menjadi momen penting yang bisa menghubungkan Indonesia dengan tekonologi baru, dengan pola pikir, dengan mindset baru, dengan kesempatan bisnis globar baru dan masa depan baru menuju Indonesia maju," kata Jokowi.

 

7 dari 8 halaman

Tingkatkan Utilitas Palapa Ring di Indonesia Timur dan Tengah

Jokowi pun meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meningkatkan utilitas Palapa Ring. Khususnya, di wilayah Indonesia Timur dan Tengah yang saat ini masih 20 persen.

"Utilitassi Palapa Ring harus ditingkatkan, jangan hanya 50 persen saja. Utilitassi di Indonesia Tengah dan Timur yang masih 20 persen, harus digenjot terus," terang dia.

 

8 dari 8 halaman

Mampu Terkoneksi ke Rumah Tangga

Selain itu, Jokowi juga meminta Menkominfo Johnny G.Plate memastikan agar Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai saluran atau koneksi.

Jokowi ingin Palapa Ring juga terkoneksi ke rumah tangga sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Harus tersambung ke rumah tangga agar investasi besar di palapa ring segera bisa dimanfaatkan seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini," tutup Jokowi.

 

(Dinda Permata)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.