Sukses

Jokowi: Tol Langit Bukan untuk Kepentingan Ekonomi Semata

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan selama lima tahun terakhir, pemerintah terus berupaya membangun konektivitas nasional, yang salah satunya juga berfokus pada digital dengan membangun tol langit.

Adapun pembangunan tol langit tersebut merujuk pada Palapa Ring agar bisa menghubungkan seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan telekomunikasi.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19 dari Istana Negara Jakarta, Jumat (26/2/2021).

"Kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit. Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, bukan," kata Jokowi.

Dia memandang keberadaan tol langit di Indonesia penting. Pasalnya, kehadirannya dapat mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, dan mendukung sinergi budaya nusantara.

"Tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," tutur Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Lewat Beberapa Program

Jokowi mengatakan pembangunan konektivitas digital dan talent digital telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program.

Misalnya, penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah satria, pembangunan menara-menara Base Transceiver Station (BTS), program digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital.

"Saya mengapresiasi semua pihak terutama Kemenkominfo yang telah bekerja keras untuk itu," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: