Sukses

Riza Patria Dorong Anak Jakarta Masuk PAUD Sebelum Bersekolah

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyatakan komitmen Pemerintah Provinsi DKI untuk memperhatikan pola pengasuhan dan pendidikan sedari dini bagi setiap anak.

Salah satunya, mendorong anak-anak di Jakarta dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Kami mendorong hal itu dilakukan sebelum anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya," kata Riza saat menerima audiensi dari Pimpinan Wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD (PW HIMPAUDI) Provinsi DKI Jakarta, di Ruang Rapat Wagub, dalam siaran pers diterima Jumat (7/8/2020). 

Riza juga menanggapi positif adanya rekomendasi PW HIMPAUDI, agar Pemprov DKI menerbitkan regulasi untuk mewajibkan anak usia dini di Provinsi DKI Jakarta agar mengikuti Program PAUD.

Menurut dia, Pemprov DKI bisa dengan segera menerbitkan regulasi terkait rekomendasi HIMPAUDI agar anak-anak di Jakarta turut mengikuti sekolah PAUD secara baik. 

"Prinsipnya, kami Pemprov DKI sangat terbuka, memberikan ruang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam membangun kota. Konsepnya memberdayakan, kita menggerakkan dan memanusiakan seluruh warga Jakarta," jelas Riza.

Terkait adanya pro-kontra di masyarakat dalam menjalani giat PAUD, Riza berjanji untuk mencari jalan tengah bersama.

"Kita upayakan sama-sama, kita cari solusinya, mendorong anak supaya ikut PAUD,” Riza menandaskan.

 

2 dari 3 halaman

Perhatikan Tumbuh Kembang Anak

Sementara itu, menanggapi komentar Riza, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan pihaknya selama ini memiliki hubungan baik dengan PW HIMPAUDI DKI Jakarta. 

"Sinergi terus dilakukan untuk mendorong agar anak-anak di Jakarta tumbuh kembang secara normal, dengan tetap memberikan kesempatan bermain yang cukup sesuai usianya," ujar Nahdiana.

Nahdiana menambahkan, ada beberapa hal teknis sudah dilakukan pihaknya, seperti sinkronisasi bersama yang pada intinya sesuai harapan HIMPAUDI.

"Kami sampaikan bahwa anak-anak biar tumbuh kembang sesuai usianya. Jangan dipaksakan untuk anak-anak PAUD target harus bisa baca, bisa tulis, biar mereka tumbuh kembang yang normal saja,” Nahdiana menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: