Sukses

Larangan Mudik Masih Berlaku, Mahfud Md Minta TNI-Polri Jaga Ketat Jalan Tikus

Menko Polhukam Mahfud Md menegaskan, pemerintah tidak akan mencabut larangan mudik selama masa pandemi virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan, pemerintah tidak akan mencabut larangan mudik selama masa pandemi virus Corona. Kebijakan itu, kata dia, tetap berlaku sampai waktu yang belum ditentukan.

"Larangan mudik tetap berlaku sampai saat ini dan tidak akan dicabut sampai waktu yang akan ditentukan kemudian," ucap Mahfud Md dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa (19/5/2020).

Untuk itu, dia meminta agar TNI-Polri mengawal penerapan aturan larangan mudik tersebut.

Selain itu, Mahfud meminta pemerintah daerah serta Satpol PP untuk menjaga ketat jalan-jalan tikus yang kerap digunakan masyarakat agar lolos mudik.

"Pemeriksaan di pintu-pintu keluar atau pintu masuk di jalan-jalan tikus," jelas Mahfud.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Kucing-kucingan

Mahfud mengingatkan TNI-Polri untuk mewaspadai kendaraan-kendaraan besar yang menjadi tempat orang bersembunyi untuk mudik. Khususnya, di jam-jam tengah malam.

"Atau kendaraan besar yang jadi tempat orang bersembunyi mudik, dilakukan ketat di waktu-waktu yang biasanya dianggap petugasnya lengah," kata dia.

"Misalnya, di tengah malam itu biasanya orang menganggap petugaa ngantuk, petugas tidak ada lalu nerobos begitu saja," sambung Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.