Sukses

PSI: Jokowi Akan Ambil Keputusan Strategis Selamatkan Indonesia

Dia menambahkan, semua keputusan yang ditetapkan Jokowi akan didukung. PSI yakin kebijakan tersebut diambil demi kebaikan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo belakangan dihadapkan dengan situasi politik yang sangat tinggi kompleksitasnya. Namun begitu, Jokowi dinilai mampu menghadapinya dengan mengambil keputusan yang tepat.

"PSI yakin Jokowi sebagai seorang presiden dan negarawan akan mengambil keputusan-keputusan strategis yang baik dan positif untuk menyelamatkan masa depan bangsa Indonesia," kata Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka dalam keterangannya, Sabtu (28/9/2019).

Dia menambahkan, semua keputusan yang ditetapkan Jokowi akan didukung. PSI yakin kebijakan tersebut diambil demi kebaikan bangsa.

"Presiden Jokowi perlu kekuatan politik yang memberikan masukan positif dalam proses pengambilan politik tersebut, sekaligus 'pasang badan' dengan segala konsekuensi politik yang mungkin terjadi karena keputusan itu," ujar dia.

Dalam beberapa hari belakangan, isu tuntutan dikeluarkannya Perppu KPK oleh Jokowi datang disuarakan oleh banyak kalangan. Ini menyusul disahkannya RUU KPK oleh DPR yang dinilai dapat melemahkan lembaga antikorupsi tersebut.

Jokowi sendiri mengaku akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan Perppu KPK. Hal ini diputuskan usai Jokowi mendengar masukan dari sejumlah tokoh yang diundang ke Istana Merdeka, Jakarta.

"Akan kita kalkulasi, kita hitung, pertimbangkan, terutama dalam sisi politiknya," ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 26 September 2019.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen terhadap Demokrasi

Setelah melakukan kalkulasi, Jokowi akan meminta saran kepada para sejumlah toloh senior. Dia berjanji kajian soal Perppu akan dilakukan secepat-cepatnya.

"Secepat-cepatnya dalam waktu sesingkat-singkatnya," ucap Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan komitmennya terhadap demokrasi dan kebebasan pers. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan bahwa kebebasan berpendapat masyarakat harus dijaga dan dipertahankan.

"Saya ingin menegaskan kembali komitmen saya kepada kehidupan demokrasi di Indonesia. Bahwa kebebasan pers, kebebasan menyampaikan pendapat adalah hal dalam demokrasi yang harus terus kita jaga dan pertahankan," ujar Jokowi.

"Jangan sampai Bapak Ibu sekalian ada yang meragukan komitmen saya mengenai ini," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PSI