Sukses

Mendagri: Tinggal DKI Jakarta yang Belum Punya Wakil Gubernur

Tjahjo berharap anggota DPRD DKI yang baru dilantik segera mengagendakan penetapan pemilihan Wagub DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut DKI Jakarta merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang tidak memiliki wakil gubernur (Wagub). Kursi Wagub DKI itu telah setahun kosong setelah ditinggal Sandiaga Uno yang ikut kontestasi Pilpres 2019.

Tjahjo mengatakan hal tersebut usai menghadiri pelantikan Wagub Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg Palabbi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019). Seperti DKI, jabatan Wagub Sulteng kosong selama tiga tahun.

"Tinggal DKI saja (yang belum ada wagub). Tinggal itu saja," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Tjahjo mengatakan bahwa DPRD yang memiliki kewenangan dalam pemilihan wagub. Untuk itu, dia berharap agar anggota DPRD DKI periode 2019-2024 yang baru dilantik hari ini segera mengagendakan penetapan pemilihan Wagub DKI pengganti Sandiaga Uno.

"Tanya DPRD. Saya mengharapkan diagendakan oleh DPRD DKI. Soal mau cepat mau lambat itu kewenangan DKI. Lebih cepat lebih baik. Gitu aja. Supaya bisa membantu Pak Anies," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Wagub Sulteng

Sebelumnya, Jokowi melantik Rusli Baco Dg Palabbi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Rusli menggantikan Wagub Sudarto yang meninggal pada Oktober 2016. Kursi Wagub Sulteng sendiri kosong selama tiga tahun.

Rusli Dg. Palabbi sendiri terpilih sebagai wakil gubernur Sulawesi Tengah periode 2016 - 2021, berdasarkan hasil rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah( DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah pada 8 Juli 2019.

Dia mengalahkan Andi Mansur Pasande yang merupakan kader dari PBB. PAN dan PBB merupakan dua partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto di Pilgub Sulteng 2015 lalu.

Sebelum menjadi wakil gubernur Sulteng, Rusli merupakan anggota DPRD Sulteng dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019. Ia juga menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulteng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.