Sukses

6 Kapolda Baru Resmi Dilantik Kapolri

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan atas dasar Surat Telegram (TR) Kapolri nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah 6 kepala polisi daerah (kapolda) baru. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan atas dasar Surat Telegram (TR) Kapolri nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember yang ditandatangani Wakapolri Komjen Syafruddin.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan di Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tito selaku inspektur upacara, memimpin langsung pengambilan sumpah.

"Saya akan setia pada UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaaati seluruh peraturan dan UU dengan penuh pengabdian. Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri," ujar Tito memimpin sumpah pembacaan sumpah diikuti 6 kapolda baru lainnya, Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Sedikitnya 6 wilayah hukum provinsi di Indonesia kini memiliki pemimpin polisi daerah baru. Antara lain Sulawesi Utara yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Wilmar Marpaung, digantikan posisinya oleh Irjen Bambang Waskito yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat. Sedangkan Irjen Wilmar Marpaung sendiri dipercaya menempati jabatan di Widyaiswara Sespim Polri.

Jabatan Kapolda Jawa Barat pun berganti dan diisi oleh Irjen Anton Charliyan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Kekosongan kursi Kapolda Sulawesi Selatan kini diemban oleh Irjen Muktiono, mantan Sahli Kapolri.

Jabatan Kapolda Sumatera Selatan juga dialihkan dari Irjen Djoko Prastowo yang kini menjabat Sahlo Kapolri, kepada mantan orang nomor 1 di kepolisian lalu lintas yakni Irjen Agung Budi Maryoto.

Jabatan Kakorlantas yang ditinggal Irjen Agung Budi Maryoto pun kini digantikan oleh Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa. Sebagai gantinya, Brigjen Pol Martuani Sormin bertugas memimpin kepolisian daerah Papua Barat setelah sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal.

Sulawesi Barat pun menjadi daerah yang tak luput mendapat rotasi pimpinan polisi daerahnya. Brigjen Nandang dipercaya menggantikan Brigjen Lukman Hariyanto yang kini mengemban tugas baru sebagai Kasespimen Sespim Polri.

Ada empat posisi Kapolda yang belum disertijabkan. Mereka adalah Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyanto yang diganti Deputi BNPT Irjen Petrus Golose.

Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji, yang pensiun, dan diganti oleh Irjen Machfud Arifin dan Kapolda NTT Brigjen Polisi Widiyo Sunaryo yang digeser ke Sops Polri.

Widiyo diganti Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso. Selanjutnya Agung diganti Brigjen Pol Andap Budhi Revianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini