Sukses

Jokowi Bakal Hadiri Gerak Jalan Kerukunan Beragama Besok

Kementerian Agama mengapresiasi inisiasi penyelenggaraan gerak jalan ini, karena mempererat rasa solidaritas di kalangan umat beragama.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 dan HUT ke-52, Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) akan menggelar gerak jalan pada Minggu besok, 6 November 2016, pada acara Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Kementerian Agama Rasidin Karidi mengatakan, gerak jalan  bertema 'Kerukunan dan Kesatuan Hati, Fondasi Dalam Membangun Kekuatan Bangsa dan Negara' tersebut, bertujuan untuk menyosialisasikan pesan damai antarumat beragama di Tanah Air.

"Untuk menyosialisasikan pesan damai melalui gerak jalan bersama Menteri Agama dan seluruh umat lintas agama di Indonesia," ujar Rasidin saat dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (5/11/2016).

Rasidin menampik acara tersebut sebagai tandingan demonstrasi pada Jumat kemarin, 4 November 2016.

"Enggak juga. Ini kan sebenarnya program sudah lama sebelum ada kegiatan itu (demo), kegiatan rutinitas supaya kita bisa saling menjaga kerukunan umat beragama," dia menegaskan.

Menurut Rasidin, pihaknya masih mengusahakan kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri, dalam gerak jalan tersebut.

"RI 1 kita belum tahu akan hadir atau tidak. Tapi kita upayakan beliau bisa datang bersama menteri-menteri juga," ujar dia.

Kementerian Agama, kata Rasidin, mengapresiasi inisiasi penyelenggaraan gerak jalan ini, karena dapat mempererat rasa solidaritas di kalangan umat beragama dan menciptakan suasana berbangsa dan bernegara.

Rasidin menjelaskan gerak jalan ini telah lama direncanakan dan akan diikuti kurang lebih 5.000 orang umat NSI, sebagaimana isi surat yang disampaikan kepada Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB), Kemenag, pada 17 Oktober 2016.

Tidak ada dress code bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara yang juga akan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin itu. "Tidak ada dress code, yang penting pakai baju dan sepatu olah raga," Rasidin menambahkan.

Gerak jalan ini dimulai dari depan Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada pukul 06.00. Rute gerak jalan ini di sekitar area Car Free Day atau mulai Kementerian Agama-Bundaran HI-Patung Kuda, hingga kembali ke titik start.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini