Sukses

3 Varian Resep Praktis Kolang-kaling untuk Menu Takjil Ramadhan

Berbuka enaknya dengan yang manis-manis, salah satunya yaitu dengan kolang-kaling. Tidak hanya untuk kolak, kolang-kaling juga bisa dibuat berbagai macam olahan. Simak dan catat varian resep praktis di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang waktu berbuka puasa, takjil menjadi bagian penting dalam menyambut nikmatnya makanan dan minuman setelah berpuasa seharian. Salah satu takjil yang populer dan lezat adalah kolang-kaling. Tidak hanya untuk kolak, kolang-kaling juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan takjil lain yang tak kalah enak.

Kolang-kaling ternyata juga baik untuk kesehatan. Mengutip Kanal Hot Liputan6.com pada Selasa (19/3/2024), biji muda buah aren itu kaya nutrisi. Kolang-kaling mengandung protein, karbohidrat, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan anti-inflamasi. Selain kandungan air yang tinggi, mencapai 93,8 persen setiap 100 gram, kolang-kaling juga kaya akan vitamin B dan C.

Salah satu manfaat kolang-kaling yang cukup terkenal adalah kemampuannya menguatkan tulang. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya seperti melancarkan pencernaan, menghidrasi tubuh, sehatkan kulit dan cegah anemia. Nah, tunggu apa lagi, praktikkan varian resep praktis kolang-kaling berikut yang dirangkum dari Cookpad.

 

Manisan Kolang-kaling Bunga Telang

Resep kreasi pengguna @Mira_Jabir menggunakan bahan-bahan sebagai berikut.

Bahan utama:

1 kg kolang-kaling

Bahan A:

100 kuntum bunga telang (bisa menggunakan telang frozen)

1 liter air

Bahan B (rempah daun):

5 lembar daun jeruk

2 lembar daun pandan, disimpul

Bahan C:

200--250 gram gula pasir

1 sachet vanili bubuk

1/4 sdt garam

1 lembar daun pandan, disimpul (optional)

 

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kolang-kaling yang baru dibeli, buang bagian mata putih yang keras. Cuci berulang kali dengan air mengalir lalu tiriskan. Setelah itu, sisihkan.
  2. Masukkan bahan A (bunga telang dan air) ke dalam wajan. Masak hingga mendidih saja. Matikan kompor. Biarkan 15 menit agar warna dari bunga telang lebih terekstrak. Setelah itu, saring dan peras bunga telang.
  3. Masukkan kolang-kaling, dan bahan B (rempah daun) ke dalam wajan berisi air ekstrak bunga telang. Masak selama 15 menit sambil sesekali diaduk agar warna telang meresap lebih merata. 
  4. Setelah itu matikan kompor, biarkan kolang-kolang terendam air rempah telang selama 15 menit.
  5. Lalu, tiriskan (sekitar 2-3 jam). Ini langkah yang sangat penting supaya nanti kolang-kaling jadi kesat dan tidak asam.
  6. Setelah tiris, masukkan kolang-kolang dan bahan C (gula, garam, vanili,dan daun pandan) ke dalam wajan bersih. Aduk rata, dan masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga gula mencair dan mulai meresap ke dalam kolang-kaling.
  7. Jika sudah tampak banyak gelembung-gelembung tanda gula cair semakin pekat, matikan kompor. Biarkan kolang-kaling dingin.
  8. Kolang-kaling akan lebih sedap jika dinikmati dalam keadaan dingin kulkas. Jika ingin tampilan kolang-kaling kesat tanpa cairan, bisa ditiriskan dulu. Cairan gula bisa disimpan untuk digunakan lagi sebagai pemanis. Manisan kolang-kaling ini bisa awet 1-2 bulan dalam wadah tertutup di kulkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wedang Kolang-kaling

Di tengah cuaca yang tidak menentu, kita membutuhkan makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh apalagi pas Ramadan seperti ini. Salah satu minuman yang cocok adalah wedang jahe.

Mengutip Kanal Regional Liputan6.com Selasa, 19 Maret 2024, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus alami yang membantu mengatasi gejala batuk dan pilek. Minuman ini dapat meredakan tenggorokan yang sakit dan memudahkan pernapasan.

Pecinta wedang wajib membuat resep yang satu ini. Jika biasanya wedang hanya campuran jahe saja, maka di resep ini ada kreasi baru yaitu dengan tambahan kolang-kaling. Selain menghangatkan tenggorokan karena jahenya, tapi juga Anda bisa merasakan kenyalnya kolang-kaling.

Resep kreasi pengguna @ifani_kitchen membutuhkan bahan-bahan:

650 gram kolang-kaling

1 liter air

150 gram gula merah

100 gram jahe

2 batang Serai

 

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kolang-kaling.
  2. Kupas jahe dan cuci. Setelah itu, geprek jahe.
  3. Cuci sereh, geprek, dan simpulkan.
  4. Rebus gula dan air hingga gula larut lalu saring.
  5. Masukkan kembali air gula yang telah disaring. 
  6. Masukkan jahe, serai dan kolang-kaling. Masak hingga mendidih dan kolang-kaling empuk. Wedang kolang-kaling siap disajikan.
3 dari 3 halaman

Manisan Kolang-kaling Gula Kelapa

Kreasi kolang-kaling yang selanjutnya yaitu manisan kolang-kaling gula kelapa. Sangat cocok dibuat sebagai menu takjil buka puasa.

Resep kreasi pengguna @ABATA73 menggunakan bahan-bahan sebagai berikut.

1.404 gram kolang-kaling

200 gram coconut sugar

30 ml gula singkong

1/4 sdt himsalt (garam himalaya)

2 lembar daun pandan

1200 ml air mineral

 

Cara Membuat:

  1. Rendam kolang-kaling dengan air cucian beras, kemudian diamkan semalaman di chiller. Lalu cuci kolang-kaling sampai bersih dan bilas dengan air mineral.
  2. Masukkan coconut sugar, himsalt, daun pandan, gulakong, air mineral ke dalam panci. Rebus hingga mendidih dan keluar aroma pandan dan coconut sugar.
  3. Masukkan kolang-kaling dan masak sampai kolang-kaling empuk, angkat dan dinginkan. Pindahkan manisan kolang-kaling ke dalam wadah tertutup dan simpan dalam chiller semalaman.
  4. Kolang-kaling gula kelapa siap dinikmati dalam keadaan dingin atau Anda juga bisa juga menambahkan dengan es batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.