Sukses

Reaksi Ayah Diminta Anaknya yang Berumur 4 Tahun Jual Mobil Kesayangan untuk Disumbangkan ke Palestina

Dalam video yang viral tersebut, Mikah meminta orangtuanya untuk menjual mobil berjenis Ford Ranger XLS 2012 modifikasi F150 agar dananya kemudian bisa disalurkan untuk warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Video yang berkaitan dengan Palestina maupun Gaza mendapat banyak atensi dari warganet. Begitu pula sebuah video viral karena cerita menyentuh hati dari seorang bocah perempuan berusia 4 tahun.

Bocah perempuan itu meminta ayahnya untuk menjual mobil kesayangannya demi membantu Palestina yang saat ini sedang mendapatkan serangan dari Israel. Anak perempuan tersebut diketahui bernama Mikha dan merupakan putri dari Muhammad Reza Ferdian Ibrahim atau akrab disapa Reza yang mengenalkan dirinya sebagai seorang entrepreneur.

Hal itu diketahui berdasarkan bio yang tertulis dalam akun Instagramnya, @rezaferdian_br. Dalam video yang viral tersebut, Mikha meminta orangtuanya untuk menjual mobil berjenis Ford Ranger XLS 2012 modifikasi F150 agar dananya kemudian bisa disalurkan untuk warga Palestina.

Reza pun mengungkap bagaimana reaksi pertamanya saat melihat putrinya mengatakan hal mengharukan seperti itu. Sebagai seorang ayah, ia mengaku langsung tergetar bahkan sampai meneteskan air mata.

"Waktu pertama nonton videonya pasti tangan rasanya bergetar, sampe netesin air mata itu pasti masyaAllah. Anak umur 4 tahun gak pernah diajarin apa-apa, maksudnya biasa aja normal, padahal cuman sekali-kali liat video (tentang Palestina),” ungkap Reza saat berbincang denganTeuku Wisnu dalam podcast yang dikutip dari YouTube The Sungkars pada Kamis, 16 November 2023.

"Terus di sekolahnya dia itu setiap mau pulang sekolah dia itu diajak berdoa untuk Palestina katanya. Jadi hari itu, di malam itu, saya dikirim video sama istri, ‘nih anaknya udah berapa kali ngomong seperti ini, udah tiga empat kali," sambungnya.

Ayah Mikha pun langsung merenungi video dari putrinya yang dikirim sang istri. Reza dan istri kemudian berunding dan berdiskusi soal rencana menjual mobilnya. Saat itu Reza mengaku sempat ada berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan, apalagi itu adalah mobil kesayangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mobil untuk Palestina Terjual Rp400 Juta

Akhirnya keduanya memutuskan untuk menjual mobil tersebut sesuai keinginan Mikha yang ingin membantu Palestina. Reza kemudian melelang mobilnya yang dimulai dari harga Rp300 juta dan kisahnya menjadi viral di media sosial.

Sebelumnya, video sang putri yang bernama Mikha viral di media sosial karena keinginannya membantu warga Palestina. Setelah beberapa hari, Reza pun membagikan informasi penjualan mobilnya melalui media sosial termasuk di akun Instagramnya.

"Awal nya tidak ada niat akan share apapun mengenai ini. Tapi sudah 3 hari di umumkan di jual blm ada yang memberikan penawaran serius. Semoga Allah mudahkan mobil ini segera terjual agar dana nya bisa segera di salurkan untuk saudara kita di Palestine,” tulis Reza dalam unggahannya pada 6 November 2023.

Beberapa hari kemudian, Reza mengumumkan bahwa mobil miliknya telah terjual dengan harga Rp400 juta. Uang hasil penjualan pun sudah diserahkan ke sebuah yayasan yang sudah sering menyalurkan donasi ke Palestina.

"Alhamdulillah! Barakallahu fiik, Jazakumullahu khairan katsiran🤲 Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu membagikan konten kami, dan yang telah menghubungi kami. Begitupun juga dengan pihak yang berprasangka buruk tanpa melakukan action apapun😅,” tulisnya dalam unggahan pada 9 November 2023. Unggahan Reza yang menjual mobil miliknya untuk disumbangkan ke Palestina karena permintaan putrinya ini mendapat banyak perhatian dari warganet.

 

3 dari 4 halaman

Warganet Ikut Terharu

"MashaAlloh🥺🥺smg anak2 indonesia sholeh sholehah semua amin🤲,” komentar seorang warganet.

"Kok aku terharu ya kluar dengan sendirinya airmata ini,” tulis warganet yang lain.

"Ya Allah semoga kelak diberikan rizky yang berlimpah dan berkah.. Aamiin.. Klo mau bantu bantu bisa langsung tanpa pikir panjang,” ujar warganet lainnya.

"Alhamdulillah🥺 dari awal ngikutin konten ini sampe akhirnya terjual juga jadi ikutan seneng & bersyukur😭,” tulis warganet lainnya.

Berjuang dan berkorban bisa melalui atau menggunakan apa saja yang kita miliki. Begitu yang dilakukan seorang pemuda, dia mendonasikan vespa miliknya untuk dilelang dan uangnya digunakan untuk membantu masyarakat Palestina yang sedang dibombardir oleh Israel.

Ribuan nyawa melayang, banyak anak menjadi yatim, piatu atau yatim piatu. Begitu pasangan suami istri, ada yang menjanda atau menduda, kerena pasangan hidupnya tewas mempertahankan negaranya. Seperti yang diunggah oleh akun Instagram @laz.harfa. Dalam video berdurasi 29 detik itu menggambarkan seorang pemuda mendonasikan vespa warna biru telur asin, ditengah-tengah aksi bela Palestina.

Dalam video itu ditulis keterangan dan sedikit kisah pendonasian vespa untuk membantu warga Palestina, "pria ini donasikan motor vespa kesayangannya untuk bantu Palestina," begitu tulisnya. Masih dalam video itu, diceritakan bahwa, ada cerita inspiratif salam aksi bela Palestina yang berlangsung Minggu, 12 November 2023, di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten.

4 dari 4 halaman

Jual Vespa Kesayangan Demi Palestina

Seorang pria yang tiba-tiba menghampiri panggung dan berkata, "Saya ingin bantu Palestina dengan motor vespa kesayangan saya ini," ujar sang pria. Pria berjanggut pendek, mengenakan topi kupluk, berjaket hitam dan memakai bendera Palestina di tubuhnya itu juga mengatakan kalau, itu adalah vespa kesayangannya yang sudah dia rawat dan selalu dijaga.

"Ini vespa kesayangan saya, saya habis besar ketika merestorasinya. Kenapa saya rela? Saya rela kehilangan kesenangan saya, buat saudara-saudara saya disana, itu bentuk kepedulian saya," ucap pria yang diketahui bernama Yoham, dikutip dari unggahan tersebut, Selasa, (14/11/2023).

Kala itu, Ginanjar, salah satu pengurus Laz Harfa sedang memandu aksi bela Palestina di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Dia kemudian di dekati Yoham dan mengatakan kalau dia ingin membantu warga Palestina namun tidak memiliki apa-apa, selain vespa yang dia bawa.

"Tiba-tiba si Aa ini nyamperin, dia bilang, A saya mau nyumbang buat Palestina, tetapi cuma ada vespa," begitu cerita Ginanjar, melalui pesan elektroniknya, dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, Selasa, 14 November 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini