Sukses

Kedatangan WNA di Bandara Soetta Melonjak Jelang Piala Dunia U-17 2023, Jepang Penyumbang Terbanyak

Sejak dua pekan sebelum perhelatan Piala Dunia U-17 2023, WNA yang tiba melalui Bandara Soetta sebanyak 89.087 orang.

Tangerang - Indonesia mulai menggelar Piala Dunia U-17 2023 pada hari ini, Jumat (10/11/2023) yang akan berlangsun di empat kota sampai 2 Desember 2023. Harapan agar jumlah wisatawan terutama wisatawan mancanegara (wisman) semakin banyak yang datang sepertinya akan terwujud.

Menurut data Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten jumlah kedatangan warga negara asing (WNA) ke Indonesia meningkat tajam. Kabid Tikim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Bambang Tri Cahyono di Tangerang, Kamis, 9 November 2023, menyampaikan bahwa lonjakan kedatangan WNA itu didasari atas diselenggarakannya event besar dunia seperti Piala Dunia U-17 2023.

"Dengan adanya ajang Piala Dunia U-17 ada peningkatan arus penumpang WNA yang datang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soetta. Ini karena mereka banyak yang ingin menonton Piala Dunia U-17," ungkapnya, dikutip dari Antara, Kamis, 9 November 2023.

Dia menuturkan, sejak dua pekan sebelum perhelatan Piala Dunia U-17 tersebut WNA yang tiba melalui Bandara Soetta sebanyak 89.087 orang. Data yang datang itu sesuai catatan Tempat Pemeriksaan Imigrasi di bandara tersebut.

"Kemungkinan besar, jumlah WNA yang tiba bakal terus bertambah. Penambahannya kemungkinan sampai 'deadline' awal pertandingan pada esok hari, 10 November 2023," terangnya.

Menurutnya, Jepang menduduki peringkat pertama dan terbanyak dalam kedatangan WNA ke Tanah Air dalam ajang Piala Dunia U-17. Menurut data catatan imigrasi sebanyak 6.795 orang ang hendak menonton pertandingan Piala Dunia di Indonesia.

"Jadi yang pertama warga negara Jepang sebanyak 6.795 jiwa. Disusul Korea Selatan, 5.586 orang dan Amerika 3.408 orang yang diketahui hendak menonton Piala Dunia U-17 di Indonesia," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotel di Solo Jelang Piala Dunia U-17

Sementara di Solo yang jadi salah satu kota tuan rumah Piala Dunia U-17, tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Solo dan sekitarnya mulai penuh. Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Solo Wening Damayanti di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 9 November 2023, mengatakan kenaikan okupansi saat ini mulai terasa menyusul meningkatnya aktivitas petugas pengamanan dan tim media untuk keperluan piala dunia.

"Kalau beberapa minggu yang lalu sama sekali belum ada pergerakan. Hanya para official yang sudah memilih hotel untuk akomodasi, official, dan pemain," terangnya, dilansir dari Antara, Kamis, 9 November 2023.

Mengenai pengamanan di hotel-hotel, dikatakannya, akan lebih difokuskan di hotel tempat menginap para pemain. "Tempat akomodasi pemain ya memang ada pengamanan, tetapi hotel-hotel lain pengamanan biasa,"ujar Wening. Berdasarkan data, dikatakannya, saat ini ada sekitar 9.000 kamar hotel yang ada di kawasan Solo Raya baik bintang dan nonbintang

Sebanyak empat stadion di empat kota telah ditetapkan sebagai arena pertandingan Piala Dunia U-17 2023, yakni Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemudan Jakarta International Stadium (JIS) di Sunter, Jakarta Utara, Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, serta Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

Bali Jadi Tempat Latihan Tim Piala Dunia U-17

Dikutip dari laman indonesia.go.id, Rabu, 8 November 2023, setiap arena pertandingan dilengkapi oleh lapangan-lapangan latihan dan telah melewati proses homologasi dari pihak FIFA. Menariknya, sejumlah tim nasional peserta Piala Dunia U-17 memilih Bali sebagai lokasi latihan. Padahal, Bali tidak masuk dalam daftar lokasi pertandingan.

Sebelum FIFA menunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Indonesia telah lebih dulu ditetapkan sebagai host Piala Dunia U-20 yang akhirnya dibatalkan FIFA dan dipindahkan ke Argentina. Pesona Bali telah sukses memikat banyak orang, termasuk peserta Piala Dunia U-17.

"Sangat menyenangkan bisa berlatih menyiapkan diri menuju Piala Dunia U-17 sambil menikmati keindahan alam Bali yang sudah mendunia," kata gelandang Timnas Meksiko U-17, Fidel Barajas. Fidel menambahkan, "Sungguh indah. Saya bisa melihat pantai dari samping lapangan. Lingkungannya sungguh menyenangkan dan asri."

Bukan hanya Meksiko, negara-negara lain yang terpikat daya tarik Bali, yakni Amerika Serikat, Jepang, Iran, Uzbekistan, Argentina, Polandia, dan Spanyol. Sebanyak tiga lokasi telah disiapkan oleh FIFA bersama PSSI dan pemerintah daerah setempat sejak akhir September 2023 lalu. :Kami dilayani sangat baik dan orang Bali ternyata ramah-ramah. Ini pengalaman pertama saya ke sini," tutur pelatih Timnas Iran U-17, Hossein Abdi.

4 dari 4 halaman

Lapangan MIlik Bali United

 

Tiga lokasi latihan para peserta Piala Dunia U-17 ini meliputi Lapangan Gelora Samudra Kuta, Lapangan Gelora Trisakti Legian, dan Bali United Training Center. Lapangan-lapangan tersebut telah ramai dipesan oleh deretan negara tersebut sejak akhir Oktober 2023.

Timnas Polandia dan Spanyol sepakat untuk memanfaatkan Lapangan Samudra sebagai lokasi pemanasan, sedangkan Lapangan Trisakti dipakai oleh laskar muda Iran dan Spanyol. Argentina, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Jepang kompak memesan lapangan rumput milik Bali United Training Center untuk mempersiapkan diri.

Lokasi seluas 10 hektare dengan delapan lapangan latihan ini dimiliki oleh Bali United, klub sepak bola anggota Liga 1 yang bermarkas di Pulau Dewata. Berbeda dengan lapangan latihan sebelumnya, tempat latih tanding milik klub juara Liga 1 musim 2019 tersebut telah lebih dulu diakui oleh FIFA.

Lokasinya menarik karena berhadapan langsung dengan bibir Pantai Purnama, Sukawati, Gianyar. Debur ombak sangat jelas terdengar dan angin pantai bertiup sepoi-sepoi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini