Sukses

Tips Liburan Hemat yang Viral di TikTok: Beli Tiket Pesawat Langsung di Bandara

Seorang TikToker mengaku bahwa ia menghemat setengah biaya penerbangan dengan membeli tiket pesawat langsung di bandara. Tapi, tidak semua orang setuju dengan trik itu.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyak konten media sosial, tips liburan hemat telah menarik perhatian warganet dari waktu ke waktu. Yang terbaru, ada pengguna TikTok yang berbagi travel hack terkait tiket pesawat murah.

Melansir Insider, Jumat, 25 Agustus 2023, seorang perempuan mengaku bahwa ia menghemat setengah biaya penerbangan dengan membeli tiket pesawat di bandara. Tapi, warga TikTok tidak yakin bahwa upaya ekstra tersebut sepadan dengan kerepotan yang berpotensi terjadi.

Pada 16 Agustus 2023, akun TikTok Gabrielle Moore mengatakan lewat video bahwa ia telah mendengar tentang strategi ini dan memutuskan mencobanya sendiri di konter maskapai Spirit Airlines. Ia mengatakan, ia menunggu dalam antrean yang dialokasikan untuk "penjualan tiket di masa depan" selama sekitar 20 menit.

Di klip yang dimaksud, ia membagikan tangkapan layar tentang berapa biaya perjalanan pulang pergi antara Bandara Internasional Myrtle Beach dan Bandara Laguardia di New York jika ia membeli tiket secara online, mencatat setidaknya 100 dolar AS (sekitar Rp1,5 juta).

Ia kemudian memperlihatkan tiket fisik yang ia beli hari itu, menunjukkan bahwa ia mendapatkan perjalanan yang sama seharga 53,8 dolar AS (sekitar Rp823 ribu). Video yang mengumpulkan hampir 500 ribu tayangan ketika artikel ini ditulis itu pun menarik beragam komentar.

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka juga pernah menghemat banyak uang dengan menggunakan metode ini. "Ini benar-benar bisa dilakukan untuk (maskapai) Spirit dan Frontier," saran salah satu pengguna.

Namun, para ahli memperingatkan tentang risiko tambahan terkait tips liburan hemat ini. Chelsea Dickenson, pendiri situs Cheap Holiday Expert, yang menyediakan tips perjalanan menghemat uang, mengatakan pada Insider bahwa tarif dan ketersediaan tiket pesawat dapat sangat berfluktuasi semakin lama Anda menunggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Tidak Cocok untuk Semua Calon Penumpang?

Dickenson berkata, "Secara umum, Anda jarang membeli tiket semepet ini karena harga tiket pesawat cenderung naik saat semakin dekat dengan tanggal keberangkatan. Itu adalah strategi yang berisiko dalam hal ketersediaan."

Ia menegaskan kembali bahwa hal ini dapat diterapkan pada "maskapai penerbangan bertarif rendah, seperti Frontier dan Spirit," yang cenderung membebankan biaya untuk membeli tiket secara online, yang berarti membeli langsung akan menghemat biaya tersebut.

Namun, ia menyarankan agar pelancong tetap membeli tiket pesawat sebelum hari keberangkatan karena "tidak semua maskapai penerbangan" menawarkan solusi ini.  Moore mengklarifikasi dalam komentar di bawah videonya bahwa ia menggunakan metode ini untuk memesan tiketnya sendiri sebulan sebelumnya, jadi ini bukan pembelian spontan.

Namun, banyak yang merasa biaya dan upaya melakukan perjalanan tambahan ke bandara melemahkan potensi penghematan. "Saya akan membayar tambahan 46 dolar AS untuk tidak berkendara ke bandara dan mengantri," tulis seorang penonton, menerima lebih dari 1.300 suka.

"Bandara berjarak dua jam dari rumah saya. Pergi untuk beli tiket, lalu berangkat lagi untuk penerbangan. Bayar bensin dan parkir dua kali, hmm tidak, terima kasih haha," tulis komentar selanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Tips Liburan Lainnya yang Viral di TikTok

Dickenson setuju bahwa tip ini umumnya lebih cocok untuk mereka yang tinggal dekat dengan bandara, atau mereka yang sering melewati bandara. Namun, orang tidak boleh mengharapkan ini jadi rute otomatis untuk mendapatkan diskon. "Ini mungkin sepadan dengan usaha yang dilakukan, tapi Anda juga tidak dijamin akan mendapat penghematan," katanya.

Tidak hanya tips membeli tiket pesawat, dalam hal pengehematan perjalanan, ragam tips packing sudah lebih dulu viral. Di antaranya, Anda disarankan memakai rompi memancing.

Melansir NY Post, 15 Juni 2023, busana ini disebut "menempatkan fungsi di atas mode" dalam tren terbaru, dengan melihat penumpang maskapai yang cerdas menggunakan rompi banyak saku ini untuk membawa barang-barang yang tidak dapat mereka taruh ke dalam tas jinjing.

Dalam klip, pengguna TikTok @cheapholidayexpert dengan hati-hati memasukkan berbagai barang ke dalam banyak saku rompi, termasuk speaker portabel, deodoran, paket kartu, dan bikini. Ia bahkan berhasil memasukkan laptop ke dalam saku yang lebih besar di bagian belakang rompi.

4 dari 4 halaman

Hemat Biaya Bagasi

"Setelah menjejalkan celana saya di bantal leher dan menggunakan tas bebas bea, hanya ada sedikit waktu sebelum saya mencapai ketinggian pakaian santai yang memabukkan," candanya dalam judul video. Tips packing dengan memakai rompi memancing adalah variasi dari tips perjalanan udara lain yang telah berhasil.

Strategi sebelumnya termasuk memasukkan pakaian ekstra ke dalam bantal leher perjalanan dan mengenakan beberapa lapis pakaian di atas pesawat, semuanya demi menghindari biaya bagasi tambahan. Pembuat konten TikTok lain telah mencoba tips packing baru ini dan mengatakan bahwa itu membantu mereka menghindari biaya bagasi tambahan.

"Trik packing yang bagus untuk maskapai murah dan check-in awal," kata seorang TikToker, Hunt-Stanley, menambahkan itu membantunya "mengatasi biaya (bagasi) yang mahal."

Hunt-Stanley yang tinggal di Inggris mengaku ia menggunakan trik tersebut "lima kali, (dalam lebih) dari delapan penerbangan dan satu perjalanan kereta api." "Ketika saya memakai (rompi) di atas pakaian hitam, itu hampir tidak terlihat," kata pelancong itu, menambahkan trik tersebut bekerja "benar-benar setiap saat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.