Sukses

Penuhi Panggilan KPK, Kadinkes Lampung Reihana Tampil Beda dan Tutupi Wajah dengan Majalah

Hijab Kadinkes Lampung Reihana terlihat lebih rendah dan tidak setinggi seperti biasanya saat menyambangi kantor KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (8/5/2023). Reihana diklarifikasi terkait Laporan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya. Dikenal dengan gaya hijabnya yang tinggi, Reihana kali ini terlihat tampil agak beda.

Dengan gaya hijab mirip selebritas Syahrini, Kadinkes Lampung Reihana tiba di markas KPK di Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 08.20 WIB, mengutip kanal News Liputan6.com. Hijabnya terlihat lebih rendah dan tidak setinggi seperti biasanya.

Dia juga terlihat mengenakan kemeja putih tangan panjang dengan rok panjang hitam. Reihana yang membawa tas putih bermotif bunga di lengannya ini sempat mengatakan dirinya dalam keadaan baik-baik saja dan siap menjalani pemeriksaan.

Reihana yang terlihat didampingi seorang pria langsung menuju meja registrasi dan menunggu di kursi yang telah disediakan di lobi gedung KPK. Dia terlihat menutupi wajahnya dengan majalah saat menunggu panggilan pemeriksaan.

Usai menjalani pemeriksaan dan saat keluar dari markas antirasuah, Kadinkes Lampung Reihana irit bicara dan meminta awak media bertanya kepada tim pemeriksa LHKPN. "Silakan ditanya ke KPK. Diklarifikasi saja, ya," ucap Reihana.

Reihana mengabaikan seluruh pertanyaan media termasuk soal dirinya yang menjabat Kadinkes Lampung selama 14 tahun. Dia juga tak menjelaskan saat dicecar dugaan menyembunyikan harta kekayaannya.

"Saya mau jalan, ya. Tolong ya, saya kasih jalan, ya. Sudah sudah, sudah ya. Nanti tanyakan ke KPK," kata dia. Reihana memenuhi undangan permintaan klarifikasi LHKPN miliknya yang dianggap tak wajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KPK Mereview Harta Reihana

"KPK lagi tunggu data perbankan dan lain-lain, jadi masih direview dulu data-datanya sebelum diputuskan akan diklarifikasi," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam keterangannya, Jumat, 21 April 2023.

Pahala mengatakan pihaknya belum bisa menentukan waktu untuk memanggil Reihana untuk dimintai keterangan secara langsung berkaitan dengan hartanya. Pasalnya, tim LHKPN KPK masih menelusuri rekening keluarganya. "Tergantung banyaknya rekening anak istri (pasangan) dan yang bersangkutan," kata Pahala.

Pahala menyebut ada ketidakcocokkan antara harta yang dilaporkan Reihana dengan profilnya. Pahala mengatakan, pihaknya tengah mengalisis lebih jauh kepemilikan harta Reihana.

Nama Reihana disorot berbagai pihak setelah video TikToker Bima Yudho Saputro yang berisi kritikan terhadap jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung viral di sosial media. Reihana disebut-sebut merupakan Kadinkes terlama di Lampung, yang menjabat selama 14 tahun.

Sejumlah pihak kemudian memviralkan gaya hidup mewah alias flexing Reihana di media sosial. Salah satunya pemilik akun Twitter @PartaiSocmed yang mengunggah beberapa foto tas mewah hingga baju bermerek yang dikenakan Reihana.

3 dari 4 halaman

14 Tahun Menjabat Kadinkes Lampung

"Kembali ke Lampung. Pejabat silih berganti, ada yg pensiun ada yg ketangkep KPK, tapi Reihana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tetap bertahan hampir 14 tahun tak tergantikan," cuit akun Twitter @PartaiSocmed, Rabu, 19 April 2023. "Mana harga second tas Hermes Birkin-nya saja hampir 200 juta, belum baju LV-nya!," sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran dari laman elhkpn.kpk.go.id, Reihana tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp2.715.000.000 atau Rp2,7 miliar. Harta Reihana tersebut meliputi tiga bidang tanah yang tersebar di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan senilai Rp1,9 miliar.

Kemudian, Reihana juga tercatat memiliki tiga unit mobil merek Nissan Elgrand tahun 2007, Toyota Minibus tahun 2010, serta Mercedes Benz V230 tahun 2002 senilai Rp450 juta. Reihana juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp6,7 juta serta kas dan setara kas Rp300 juta.

Selain hobi flexing, gaya berbusana Reihana juga dinilai tak biasa lantaran ia kerap mengenakan hijab dengan bagian atas keningnya yang mengerucut tinggi. Ada warganet yang menyebut gaya hijab Reihanna bak Sydney Opera House, sebuah bangunan ikonik yang sering terlihat saat orang bicara tentang Australia.

4 dari 4 halaman

Hijab Unik Kadinkes Lampung

Model hijab yang dikenakan Reihana memang terlihat cukup unik, berbeda dengan yang lain. Seorang pembuat konten di TikTok dengan nama akun Wegi Mustika sampai dibuat penasaran dengan ketinggian dari hijab Reihana. Perempuan yang sering membuat konten tentang matematika itu sampai menghitung tingkat kemiringan dari jilbab Reihana. 

Beberapa warganet mengomentari gaya berhijab Reihana dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang menyebut bahwa gaya hijabnya mirip dengan rumah gadang. Ada juga yang menyebut hijab Reihana mirip dengan terowongan Casablanca atau seperti piramida. Beberapa warganet bahkan ada yang menganggap Kadinkes Lampung itu seakan sedang cosplay karakter Marsha dari kartun Marsha and The Bear.

Salah satunya diunggah oleh Felicia Devie di akun instagramnya @feliciadevie_eyebrows, Dalam foto itu, Felicia menggenggam buket uang lembaran Rp100.000, yang merupakan hadiah dari Reihana.

Reihana sendiri memakai baju batik marun, dengan tas Hermes Birkin merahnya, Ia mengombinasikannya dengan hijab warna cokelat susu. Uniknya, rambut hitam agak kecokelatannya terlihat dari luar hijab, membentuk poni yang menutupi dahinya. Bagian atas hijab juga tidak langsung menempel dengan kepalanya, namun membuat sedikit jarak yang tampak seperti gua karena rambutnya diikat ke atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini