Sukses

Napas Optimisme Balut Koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023

Koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023 menyuguhkan busana dalam balutan warna-warni.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer ternama Tanah Air, Sapto Djojokartiko resmi merilis koleksi Spring/Summer 2023. Peluncuran ini dilakukan sekaligus sebagai wujud dari perayaan hari jadi ke-3 flagship store sang desainer di Plaza Senayan, Jakarta.

Deretan karya Sapto Djojokartiko kali ini turut dibarengi dengan balutan warna-warna cerah kesan dari hangatnya musim panas. Suguhan koleksi tersebut juga memiliki makna tersendiri dan mengandung semangat.

"Memang koleksi Spring/Summer ini lebih ke koleksi yang penuh optimisme," kata Public Relations Sapto Djojokartiko, Deasy, saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.

Kendati penuh warna, Deasy menjelaskan bahwa warna-warna netral yang menjadi DNA Sapto Djojokartiko tetap dihadirkan. Selain napas optimisme, koleksi ini turut mencerminkan kemampuan manusia untuk beradaptasi dan bergerak.

Line-up menampilkan koleksi pria dan perempuan dengan rangkaian siluet gender-bending activewear. Ada pula serangkaian busana body-hugging untuk mewakili mobilisasi masyarakat di era pasca-pandemi yang mengadaptasi perspektif baru kebebasan dan optimisme.

Curahan optimisme dituangkan melalui palet harmonis warna neon cerah, acid yellow, citron green, dan pink flambé. Warna pastel lembut yang khas jenama ini turut disertakan.

Pada koleksi kali ini, desainer Sapto Djojokartiko kembali menggunakan bordir khasnya pola dengan variasi detail. Hal tersebut terwujud dalam sulaman tangan yang rumit, pola berulang, manik-manik, lipatan, tambal sulam, fringes, dan rajutan. Ini dilakukan agar mudah menjembatani esensi dewasa Sapto Djojokartiko ke segmen pasar anak muda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Sapto Djojokartiko

Sedangkan pertunjukan runway koleksi ini telah digelar pada September 2022 lalu. Pagelaran busana koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023 digelar di Gedung Filateli, Jakarta Pusat, Selasa 27 September 2022, selepas dua tahun berturut-turut absen dan mengalihkan peragaan lewat presentasi film pendek daring.

Koleksi Spring/Summer 2023 karya Sapto itu terinspirasi dari situasi ketidakpastian di dunia. Meski pandemi sudah melandai, keadaan ekonomi yang diharapkan segera pulih malah terusik dengan ancaman perang, krisis energi serta pangan, pemanasan global, hingga ketakutan akan sebuah pandemi baru. 

Desainer kelahiran Surakarta itu memadukan busana rumahan yang nyaman, seperti singlet dan celana-celana boxer dengan berbagai padanan luaran yang longgar dengan imbuhan bordir kompleks dan ragam motif istimewa. Dia kembali memberdayakan motif-motif bordir khas, seperti motif klasik Penara, Darpana yang merupakan ulir pada bingkai cermin. Ukelan Ron dari imaji rangkai daun, Ukelan Sekar yang berupa wujud rekah bunga, dan Seligi yang menyalin bentuk tombak.

3 dari 4 halaman

Detail Koleksi

Pilihan inner wear disajikan lebih bervariatif, antara lain berupa tank suit, sports bra, legging dan bicycle pants. Ia menginjeksi gaya pakaian Athleisure yang tetap harmonis dalam tatanan gaya busana berlapis.

Sapto mengakomodasi tren pakaian sekarang yang kian bersifat unisex dan sonder gender. Meski ada detail ornamen dan bordiran, koleksi itu tetap bisa dipakai lintas gender.

Sapto bereksperimen dalam untaian elemen-elemen korset, terwujud pada jaket lugas yang dapat diikat dengan tali, berikut garis-garis tulang bustier serta kontur undergarment dalam konstruksi bralette. Paduan apik aksesori-aksesori antik seperti tas dumpling, tas rumbai, dompet manik, sepatu hak dan sandal bersulam bordir melengkapi koleksi ini. Semua paduan tersebut memberikan harapan baru agar persembahan koleksi ini fluid dan tak lekang waktu.

Sapto memilih tempat menampilkan busananya di Gedung Filateli, Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, lantaran gedung ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Jakarta. Berdiri sejak 1860-an, tempat ini juga sempat digunakan sebagai Gedung Kantor Pos pada era Hindia Belanda.

Dalam kemegahan arsitektur historis ini dibuat sedemikian rupa dengan alur berliku, model berjalan dinamis dengan alur yang panjang. Mereka mempresentasikan mobilitas manusia yang mulai bebas dan optimis, diiringi atmosfer musik live modular synthesizer oleh Lie Indra Perkasa.

4 dari 4 halaman

Kata Sapto Djojokartiko

Sapto Djojokartiko sebagai direktur kreatif dari rumah mode Sapto Djojokartiko mengungkapkan, "Saya ingin orang menjadi lebih optimis dalam menghadapi apapun yang ada di depan kita, salah satunya dengan penggunaan warna-warni yang cerah dan mempersembahkan presentasi yang lebih berwarna," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa 27 September 2022.

Selama dua tahun awal pandemi, rancangan Sapto lebih mencerminkan keadaan manusia yang ingin mengesampingkan formalitas dengan pakaian yang bervolume nyaman dan relaks. Tetapi setelah protokol kesehatan dilonggarkan dan manusia kembali sibuk beraktivitas, desainer ini berpendapat orang-orang ingin kembali menikmati kebebasan hidup dan kembali ingin mengaktualisasi gaya dalam tatanan kebiasaan baru.

"Dalam koleksi ini, saya ingin memberi kebebasan berpakaian dari beragam karakter untuk mengekspresikan individualisme mereka sendiri," tambah Sapto.

Meskipun kondisi sekarang penuh ketidakpastian, dia mengaku tetap ingin membawa hembusan optimisme. Hal tersebut dikarenakan manusia tercipta dengan intuisi untuk selalu beradaptasi dengan keadaan dan selalu bertahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.