Sukses

2 Negara Asia Tenggara Masuk Daftar 10 Negara Paling Ramah di Dunia, Ada Indonesia?

Polinesia Prancis terpilih sebagai negara teramah di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Keramahan penduduk dalam suatu negara jadi salah satu kriteria yang dipertimbangkan wisatawan saat memilih tujuan liburan. Sebagai wisatawan, Anda tentunya akan lebih merasa nyaman ketika mengunjungi negara dengan penduduk yang ramah. Lalu, negara apa saja dengan penduduk teramah di dunia?

Jawabannya baru saja terungkap belum lama ini. Majalah perjalanan terkemuka, Conde Nast Traveler, mengungkapkan deretan negara paling ramah di dunia berdasarkan para pembacanya dalam sebuah survei tahunan.

Negara-negara tersebut terungkap dalam daftar "The friendlist countries in the world: 2022 Readers' Choice Awards".  Dalam surveinya kepada sekitar 600.000 lebih pembaca di seluruh dunia, Conde Nast Traveler merilis 10 negara teratas yang dianggap paling ramah terhadap traveler.

Dilansir dari laman resmi CN Traveler, Minggu, 9 Oktober 2022, hasilnya, French Polynesia atau Polinesia Prancis dianggap menjadi negara dengan penduduk paling ramah di dunia. Negara kepulauan di Pasifik Selatan ini terkenal ramah kepada turis yang datang ke negaranya.

Memiliki lebih dari 100 pulau, French Polynesia yang beriklim sejuk merupakan tujuan wisata sepanjang tahun. Para penduduk setempat juga dengan senang hati menerima turis yang datang. Selain penduduknya yang ramah, negara satu ini juga menawarkan banyak aktivitas bagi turis, termasuk bagi mereka yang ingin berbulan madu.

Setelah Polinesia Prancis, Kolombia menjadi negara berikutnya dengan penduduk paling ramah di dunia. Negara di Amerika Selatan yang dianugerahi alam indah ini juga selalu memberikan senyuman hangat kepada mereka yang datang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramah Terhadap Turis Dunia

Selandia Baru berhasil masuk dalam daftar dengan menempati urutan ketiga. Negeri Kiwi ini ternyata juga memiliki penduduk yang ramah terhadap turis dunia. Negara yang jadi rumah Suku Maori ini juga sangat senang menyambut turis asing maupun lokal.

Para penduduk mengadopsi gagasan "manaakitanga" atau keramahtamahan Suku Maori, yang ditujukan dengan saling menghormati orang lain dan kemurahan hati antar-sesama. Namun, Indonesia tidak berhasil masuk daftar negara teramah di dunia menurut Conde Nast Traveler.

Indonesia berhasil masuk daftar negara teramah di dunia dalam survei yang dilakukan Inter Nations pada 2021. Saat itu, Indonesia menduduki peringkat ketujuh sebagai negara teramah di dunia. Beberapa negara tetangga Indonesia, seperti Thailand dan Filipina justru berhasil masuk dalam daftar.

Keduanya masing-masing berada di posisi keempat dan ke-10. Berikut daftar negara teramah di dunia pada 2022 versi Conde Nast Traveler

1. Polinesia Perancis

2. Kolombia

3. Selandia Baru

4. Thailand

5. Kosta Rika

6. Botswana

7. Peru

8. Belize

9. Sri Lanka

10. Filipina.

3 dari 4 halaman

Kota Paling Ramah

Indonesia tidak termasuk dalam daftar 10 negara teramah di dunia 2022, tapi hasil sebaliknya justru diraih Bali. Nusa Lembongan di Bali masuk dalam daftar 10 kota paling ramah untuk dikunjungi turis pada 2022.

Sebuah online travel agent yang berbasis di Belanda, Booking.com, baru saja merilis daftar kota-kota paling ramah di dunia pada 2022 atau Most Welcoming Cities on Earth for 2022.  Dikutip dari laman resminya, Booking.com memilih 10 kota teramah berdasarkan Traveller Review Awards, di mana kota-kota ini dikenal memiliki akomodasi dan transportasi yang memuaskan para tamu.

Akomodasi dan transportasi ini mendapatkan nilai di atas rata-rata untuk keramahan pelayanannya. "Semuanya telah dipilih untuk secara konsisten memberikan keramahan yang luar biasa, sebagaimana dibuktikan oleh lebih dari 232 juta ulasan terverifikasi dari pengguna Booking.com," tulisnya.

Dalam daftar tersebut, Matera di Italia menempati urutan pertama sebagai kota teramah untuk turis. Booking.com menyebut Matera sebagai kota menakjubkan yang menjadi latar sejumlah film Hollywood. Bukan itu saja, kota ini disebut sebagai pemukiman tertua ketiga di dunia yang masih dihuni. Matera juga menawarkan banyak daya tarik bagi turis, mulai dari sejarah, kuliner yang lezat, arsitektur, dan tentunya pemandangan alam yang indah. 

4 dari 4 halaman

Nusa Lembongan Bali

Sementara itu, Nusa Lembongan juga dikenal menyajikan panorama alam yang indah dan juga jadi surganya para peselancar karena ombak lautnya yang memukau. Di sini, para turis juga bisa menemukan deretan destinasi wisata alam menariknya, di antaranya Pantai Jungut Batu, Devil's Tear, dan Mushroom Bay. Ada juga hutan mangrove yang menawarkan kesejukan hutan dengan pohon bakau yang rindang. 

Lokasi Pulau Lembongan berada di Selat Badung, Kabupaten Klungkung, sebelah tenggara Pulau Bali. Tempatnya berjarak sekitar 10 kilometer dari tempat wisata Sanur. Pulau itu juga berdekatan dengan Pulau Penida dan Pulau Ceningan Bali.

Di desa Nusa Lembongan, masih kental sekali tradisi dan budayanya. Mata pencaharian penduduknya mayoritas masih petani dan nelayan.Soal akomodasi, semua juga tersedia di sana.  Berikut daftar 10 kota teramah di dunia versi Booking.com:

1. Matera, Italia

2. Bled, Slovenia

3. Taitung City, Taiwan

4. Nafplio, Yunani

5. Toledo, Spanyol

6. Monte Verde, Brasil

7. Bruges, Belgia

8. Nusa Lembongan, Indonesia

9. Ponta Delgada (Azores), Portugal

10. Hoi An, Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.