Sukses

Butuh Healing? Berikut Tempat Wisata Alam di Bandung yang Cocok Buat Menenangkan Pikiran

Aktivitas yang padat dan suasana perkotaan yang kadang menguras emosi, membuat kita ingin berlibur untuk melepaskan penat.

Liputan6.com, Jakarta Berwisata seperti menjadi sebuah kebutuhan bagi penduduk ibu kota. Hal tersebut dikarenakan aktivitas yang padat dan suasana perkotaan yang kadang menguras emosi, membuat kita ingin berlibur untuk melepaskan penat. 

Salah satu daerah yang banyak dijadikan pilihan wisata untuk healing adalah kota Bandung. Karena saat berlibur di kota yang mempunyai julukan Paris van Java ini, membuat kita dapat menikmati pemandangan yang indah dan memanjakan mata melalui wisata alamnya. 

Buat kamu yang mau healing ke kota Bandung, tapi bingung dimana destinasi wisata alam yang cocok buat menenangkan pikiran, berikut 3 opsinya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berjalan di Jembatan Kayu Taman Langit Pangalengan

Destinasi yang terletak di Desa Sukaluyu, Kabupaten Pangalengan ini patut menjadi opsi utama tempat healing kamu. Karena menyuguhkan keindahan alam berupa hamparan luas kebun teh dengan suasana yang sejuk dan tenang. 

Objek wisata yang dibuka pada 2020 ini buka setiap hari selama 24 jam, waktu terbaik untuk berkunjung yaitu pada saat musim kemarau. Selain itu, hamparan kebun teh hijau ditambah susana langit biru yang luas dijamin akan mengembalikan mood kamu! 

Terdapat jembatan kayu sepanjang 200 meter yang melintang di pertengahan kebun teh sebagai akses untuk kamu berjalan-jalan menikmati keindahan alam. Jangan lupa untuk berfoto karena panorama seperti ini sangat jarang di perkotaan.

  • Harga Tiket masuk: Rp10.000
  • Tiket masuk anak: Rp5000
  • Camping: Rp35.000 

Lokasi terletak di Kampung Puncak Mulya, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasinya bisa dijangkau dengan mobil atau motor, kamu bisa menggunakan aplikasi maps untuk menemukannya. 

3 dari 4 halaman

Berkemah di Gunung Putri

Tempat healing selanjutnya, hadir dengan nuansa yang indah. Namun untuk sampai ke tujuan, kamu harus mendaki dulu. Untuk tiba di puncak Gunung Putri, kamu perlu mendaki tangga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Buka setiap hari selama 24 jam, akan ada banyak kegiatan seru saat sampai puncak gunung, seperti trekking, berkemah, menikmati sunrise, dan masih banyak lagi. Ditemani dengan suasana hutan yang sejuk dijamin akan membuat kamu merasa nyaman menghabiskan waktu disana. 

Di sekitar Gunung Putri juga masih ada kawasan yang didominasi oleh tanaman pohon pinus, ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Hijau dan rapatnya pepohonan banyak dijadikan tempat untuk berfoto. 

  • Harga Tiket masuk hiking: Rp10.000
  • Tiket Camping: Rp22.000 

Lokasi terletak di Desa Jayagiri, Jl. Gunung Putri No. 184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi wisata, dari pasar lembang ambil arah Gunung Tangkuban Perahu hingga melewati Masjid Agung. Terdapat gang di sebelah kiri dimana akan terlihat plang menuju kawasan gunung, menanjak sedikit sekitar 20 menit kamu akan sampai di parkiran objek wisata ini.

4 dari 4 halaman

Kawah Putih Sunan Ibu

Terletak di kawasan kaki Gunung Patuha, Bandung selatan. Kawah Sunan Ibu ini menjadi salah satu opsi terbaik buat masa healing dari penatnya dunia kantor dan pekerjaan. Berada di ketinggian 2434 Mdpl di atas permukaan laut, membuat suasananya begitu dingin dan menenangkan. Jangan lupa bawa jaket, ya! 

Jam operasional Kawah Putih ini dimulai dari pukul 07.00-17.00 WIB dan waktu terbaik buat menikmati suasana kawah ini adalah saat pagi hari. Memang hawanya akan sangat dingin, tapi kamu bisa menikmati udara yang lebih segar. 

Sambil menikmati pemandangan matahari baru bersinar, ditemani secangkir teh panas sebagai pelengkap, dapat menambah suasana ketenangan yang akan kamu rasakan. Apalagi saat menyeruput teh tersebut kamu dikelilingi oleh tanaman hijau, yang menambah vibes healing bernuansa alam yang tidak terlupakan.

Sedikit mengulik sejarah, kawah ini bermula dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-9. Letusan itulah yang membuat terbentuknya kawah berwarna putih kebiruan bercampur belerang khas danau vulkanik seluas 10 hektar. 

  • Harga Tiket Masuk Wisatawan Domestik: Rp28.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara: Rp81.000
  • Tiket Parkir Mobil: Rp15.000
  • Tiket Parkir Motor: Rp8.000 

Lokasi berada di jarak 44 km ke arah Selatan Kota Bandung, tepatnya di sebelah kiri jalan raya km 41 Ciwidey-Rancabali. Objek wisata ini sudah populer sejak lama dan kamu bisa gunakan bantuan aplikasi maps untuk menemukannya. 

Gimana, dari daftar di atas, kamu sudah menemukan opsi healing terbaik menurut kamu belum? Semoga sudah, Ya! intinya hidup jangan terlalu dibawa stress. Sibuk boleh,tapi juga tetap butuh liburan demi kebaikan kesehatan mental kalian. 

 

Penulis: Akbar Gilang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini