Sukses

Cara Bikin Pempek dari Mi Instan Jadi Viral, Warganet Penasaran Mau Mencoba

Liputan6.com, Jakarta - Pempek umumnya dibuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung kanji. Makanan khas Palembang ini pun banyak disukai karena rasanya yang nikmat.

Namun, seorang pria berkreasi membuat Pempek Palembang berbahan mi instan. Hal itu ia bagikan melalui akun TikTok @ocnrfdy. Dalam unggahan itu, pria ini mencoba resep yang ia temui di media sosial. Caranya terlihat cukup mudah dan praktis.

Pertama, ia menghaluskan dua bungkus mi instan dengan semua bumbu, empat siung bawang putih, lima siung bawang merah, dan penyedap bubuk satu sendok makan. Setelah itu, ia juga menambahkan satu butir telur dan menghaluskannya kembali.

Adonan yang sudah halus tersebut lantas ditambahkan 15 sendok makan tepung tapioka dan diuleni sampai kalis. Setelah itu, adonan dibentuk.

Dalam video ini, ia mencoba membuat pempek kapal selam dengan isian telur di dalamnya.  Setelah adonan habis, rebus di air panas hingga mengapung. Tiriskan hingga tak ada air dan kemudian goreng hingga matang. Anda bisa menyantap pempek mi instan ini dengan cuko.

Meski resepnya berbeda dari pakem, rasa yang dihasilkan diklaim tetap terasa nikmat.  Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Sangat mindblowing tapi bikin penasaran buat nyoba," komentar seorang warganet. "Gue yang orang Palembang beneran kaget lihat resep ini wkwk," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video membuat pempek dari mi instan itu sudah dilihat lebih dari 1,9 juta kali dan disukai lebih dari 146 ribu kali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kuah Cuka

Cara membuat pempek ala Palembang tidaklah sulit. Pempek biasanya dinikmati bersama kuah cuko atau kuah cuka yang merupakan campuran cuka, gula jawa, dan bawang putih.

Cara membuat pempek adalah dengan mencampur tepung sagu dan daging ikan yang telah dihaluskan. Ikan yang digunakan biasanya merupakan ikan tenggiri, belida, atau kakap.

Namun, seiring perkembangan zaman, cara membuat pempek juga makin bervariasi. Kini banyak cara membuat pempek dengan berbagai bahan, selain ikan tenggiri. Cara membuat pempek kini juga sangat mudah dan praktis. Ada banyak resep cara membuat pempek yang mudah dipraktikkan.

Cara membuatnya bisa Anda terapkan jika ingin berkreasi sesuai selera. Tentunya Anda bisa membayangkan betapa enaknya Pempek Palembang yang rasa ikannya sangat kental, ditambah dengan kuah cuko yang enak, dan ditaburi dengan potongan mentimun yang membuatnya makin segar.

 

3 dari 4 halaman

Reaksi Tentara AS

Orang Indonesia tentu banyak yang menyukai pempek, tapi bagaimana dengan orang Amerika Serikat (AS)? Tahun lalu, TNI Angkatan Darat dan militer AS menggelar latihan perang bersama. Latihan tersebut dilakukan di tiga tempat di Indonesia. Salah satunya di Baturaja, Sumatera Selatan. Selain berlatih bersama, para anggota TNI dan militer AS juga kerap menghabiskan waktu istirahat bersama, seperti diunggah akun TikTok @sscipalembang pada 13 Agustus 2021.

Video itu juga dibagikan oleh akun Instagram @palembanginfo pada 13 Agustus 2021. Dalam video tersebut, terlihat beberapa anggota TNI dan militer AS tengah menikmati pempek di sebuah restoran. Reaksi mereka saat mencicipi pempek membuat warganet terhibur.

"Cobalah satu," ucap salah seorang anggota TNI dalam bahasa Inggris.

Ia juga menjelaskan jika pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan atau disebut juga fish cake. Tentara Amerika itu pun langsung mencicipi pempek lenjer yang ada di hadapannya sambil mencelupkannya ke dalam cuko, kuah pempek yang biasanya rasanya agak pedas. 

 

4 dari 4 halaman

Rasa Bangga

Tak lama seorang anggota TNI lain pun mengatakan agar menghirup cuko tersebut agar terasa lebih nikmat.  "Hirup cuka," kata anggota TNI yang lain.  "Okay," kata satu tentara Amerika sambil menyantap pempek. Setelah mencicipi pempek, ia terlihat menikmati pempek tersebut. Ia pun menyetujui jika pempek khas Palembang memang enak.

Anggota TNI itu pun meminta tentara Amerika lain untuk ikut mencoba pempek. Ia juga mengatakan jika pempek yang ada di hadapannya itu berisi sebuah telur.

Tentara Amerika itu pun mencoba pempek tersebut. Tak jauh berbeda, tentara Amerika itu juga bereaksi sama yaitu hanya mengangguk-anggukkan kepalanya karena bisa menikmati pempek.

Unggahan itu menarik perhatian warganet. Mereka merasa bangga karena pempek bisa disukai oleh orang-orang dari luar Indonesia. Ada juga yang menyarankan agar mengatakan pada tentara AS kalau kapal selam bisa dimakan di Indonesia.

"Senang rasanya kalo liat orang luar makan makanan Indonesia, apalagi kalo dia bilang enak, senang liatnya," komentar seorang warganet.