Sukses

Kerupuk Pedagang Keliling Seharga Rp500 Laku Dilelang Rp1 Juta

Aksi lelang kerupuk itu terjadi di pinggir jalan. Sang penjual sampai kebingungan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kepungan konten media sosial, ada saja satu-dua yang berhasil mengharu-biru warganet. Salah satunya dibagikan akun TikTok @ayaibrahimchannel, baru-baru ini. Di klip itu, si pemilik akun tampak membantu seorang pedagang kerupuk keliling dengan cara tidak biasa.

Rekaman itu dimulai dengan ia menanyakan berapa harga kerupuk penjual tersebut. "(Rp)lima ribu," jawab si penjual. Tapi, bukan kerupuk sebungkus yang ternyata ditanyakan, melainkan harga per satu buahnya. "(Rp) lima ratus," sahut si penjual lagi.

"Waduh mahal banget (Rp) lima ratus," katanya. "Berapa atuh?" jawab penjual kerupuk tersebut. "Kalau sebiji begini, bagaimana kalau (Rp)50 ribu?" katanya menimpali. Mendengar itu, si penjual tampak terkejut.

Pria lain di video itu mengambil kerupuk yang dimaksud, menawarnya dengan harga Rp100 ribu. Kerupuk itu tampak diambil kembali, "(Rp)200 ribu saya beli, pak."

Harga tawarannya terus naik, mulai dari Rp300 ribu, beralih ke Rp400 ribu, kemudian Rp500 ribu. "(Rp)700 ribu," sebut salah satu dari mereka, yang dibalas dengan penawaran harga Rp900 ribu.

"(Rp)950 ribu," sahutnya, sambil menggigit kerupuk yang dimaksud. Angka penawaran akhirnya berhenti di Rp1 juta. "Ikhlas ya, pak?" katanya sambil memberikan sejumlah uang kepada pedagang kerupuk keliling tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didoakan Berkah

Dengan uang yang diberikan, pedagang kerupuk itu menawarkan mengambil kerupuk lebih banyak. Namun, hal itu ditolak si pembeli, mengatakan, "Kan belinya cuma segini pak," menunjuk sebuah kerupuk yang ada di tangannya.

"Lelangnya keasikan, abah gak tega kami cuma ambil 1 biji. @vickylutfi makanya gigit dulu kerupuknya," tulis si pemilik akun sebagai keterangan unggahan yang sudah ditonton 2,6 juta kali saat artikel ini ditulis.

Di kolom komentar, ragam tanggapan pun dituliskan warganet. Salah satunya mengaku menangis melihat akhir video tersebut. "Berkah berkah berkah," tulis seorang pengguna yang dijawab "aamin" oleh pemilik akun.

3 dari 4 halaman

Bukan Lelang Pertama

Ini sebenarnya bukan video lelang pertama di akun tersebut. Di unggahan-unggahan sebelumnya, ia lebih dulu membuat lelang berbagai item, dari makanan sampai perabot rumah.

Sebelum kerupuk pedagang keliling, mereka terlihat melelang semangkuk mi ayam. Dari harga aslinya hanya Rp10 ribu per porsi, mi ayam tersebut dibeli senilai Rp200 ribu. Pengemasan video yang jenaka juga membuat konten ini tampak dinikmati warganet.

"Dengan cara ini, bersedekah tidak menjatuhkan harga diri seseorang. Lanjutkan, kang," komentar seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "Ini cara kreatif beramal. Bapaknya kayaknya bingung, senyum-senyum aja."

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.