Sukses

3 Lukisan Terbaru SBY Usai Jalani Operasi Kanker Prostat di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kembali melukis setelah menjalani operasi kanker prostat. Operasi Presiden ke-6 RI ini berlangsung di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS) pada November 2021 lalu.

Setelah cukup lama tak berbagi unggahan di akun Instagram Ani Yudhoyono In Memoriam, SBY hadir dengan mengunggah tiga buah lukisan karyanya. Ayah dari AHY dan Ibas ini juga menginformasikan mengenai kondisinya kini.

"Perlu saya kabarkan kepada para followers instagram "Ani Yudhoyono In Memoriam" bahwa sekitar 1 bulan ini saya telah berada kembali di tanah air," tulis SBY pada unggahan 23 Januari 2022.

SBY mengucap syukur operasi kanker prostat yang dijalaninya berjalan dengan baik. "Terima kasih atas doa dari para sahabat sekalian," lanjutnya.

Selepas operasi dan kembali ke Tanah Air, SBY mengaku kembali menggeluti hobi melukisnya. Ia memamerkan tiga lukisan bertema pemandangan alam yang menggambarkan suasana musim gugur dan musim dingin.

"Sebagaimana yang saya rasakan ketika menjalani medical treatment di Rochester, Minnesota. Semoga para sahabat bisa menikmati 3 karya saya tersebut. Saya berdoa agar kita semua selalu berada dalam keadaan sehat. Terima kasih. Salam. *SBY*" tutupnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Lukisan

Lukisan pertama menunjukkan dedaunan yang mulai layu dengan nuansa kuning dan memerah di musim gugur. Sentuhan hijau masih tampak, namun tak begitu banyak dalam lukisan tersebut.

Gradasi langit hadir dengan paduan sentuhan jingga hingga kekuningan. Berlanjut dengan hamparan rerumputan yang masih hijau, jalan setapak, dan ada sebuah bangku memanjang di tengahnya.

Lukisan kedua itu juga menunjukkan rimbunnya pepohonan hijau di sisi kanan. Langit yang cerah dengan paduan warna biru muda dan awan-awan putih membingkai apik lukisan ini.

3 dari 4 halaman

Lukisan Salju

Terakhir, lukisan di musim dingin dengan gambaran putihnya salju yang menyelimuti satu area. Jalan setapak yang tergenang air memantulkan refleksi dari langit sore yang memerah menunggu matahari segera tenggelam. Di sekitarnya ada pepohonan yang berdiri tegak tanpa dedaunan.

Pada 22 November 2021 lalu, SBY membagikan video melalui Instagram mengabarkan kondisinya setelah operasi. Kala itu, ia tengah menjalani pemulihan usai operasi besar pengangkatan sel kanker di prostat 11 hari sebelumnya.

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri," katanya dalam video.

4 dari 4 halaman

Infografis Jejak Seni Grafiti di Indonesia