Sukses

Swedia Numpang Promosi Beragam Destinasi Wisata Lewat Puluhan Nama Produk Ikonis IKEA

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin familiar dengan sejumlah nama produk rumah tangga keluaran IKEA. Tapi, siapa sangka nama-nama itu diambil dari nama berbagai tempat di Swedia. Karena itu pula, negara Skandinavia itu bakal memanfaatkan ketenaran nama produk untuk mempromosikan destinasi wisata mereka.

Badan wisata Swedia menyiapkan sejumlah kampanye pemasaran terbaru yang didesain untuk memperkenalkan tempat wisata yang menginspirasi nama produk rumah tangga. Kampanye yang dinamai Discover the Originals itu merunut 21 nama produk populer IKEA dan memasangkannya sesuai dengan tempat aslinya di Swedia.

Salah satu contohnya Bolmen. Ikea menggunakannya sebagai nama sikat toilet, tetapi aslinya merupakan danau yang dikelilingi pohon cantik di daerah Småland, selatan Swedia.

Lainnya ada Toftan yang merupakan produk tempat sampah Ikea. Aslinya, itu adalah nama dauan indah di wilayah Dalarna yang berada di jantung negeri itu. Sementara, Misterhult yang juga berada di Småland, merupakan kepulauan yang terdiri dari 2.000 pulau. IKEA menggunakan nama itu untuk produk lampunya.

Kepala Marketing Visit Sweden, Nils Perrson mengatakan ia tidak iri dengan kepopuleran nama-nama Ikea. "Kami bangga dengan IKEA, dan dengan caranya, Anda bisa mengatakan bahwa mereka membantu kami mempopulerkan nama-nama tempat di Swedia ke dunia melalui nama-nama yang dipinjam mereka untuk produknya," ujarnya.

Kini, sambung dia, adalah waktunya menunjukkan fakta asli di balik nama-nama produk itu. Dengan kekuatan IKEA, pencarian daring sederhana untuk lokasi ini biasanya diawali dengan informasi produk terkait. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mulai Berlaku

Kampanye itu mulai berlaku efektif. Salah satunya dengan pemasangan papan bertuliskan 'Selamat datang di Bolmen: lebih dari sebuah sikat toilet' di pinggir danau.

Juru bicara untuk Visit Sweden mengatakan, "Kota-kota di sekitar danau ini sangat bangga dengan inisiatif untuk mengklaim kembali nama danau yang kini lebih dikenal sebagai sikat toilet IKEA dan mereka mendukung penuh kampanye ini."

"Kami sangat mengapresiasi IKEA menamai produknya dengan nama danau indah kami...Tapi kini kami ingin menunjukkan ke dunia bahwa Bolmen lebih dari alat yang Anda gunakan untuk membersihkan toilet," ujar Magnus Nunnarsson, seorang anggota dewan lokal, dalam sebuah pernyataan.

Sementara, juru bicara IKEA menyambut baik inisiatif tersebut. Ia mengatakan inilah saatnya untuk sejumlah tempat yang namanya dipakai untuk produk-produk populer IKEA mendapat sorotan lebih.

"Mereka berhak untuk itu. Juga sangat menyenangkan dengan inisiatif itu bisa membantu menyebarkan cerita di balik beberapa nama produk populer kami ke banyak orang," ucapnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

21 Nama

Berikut adalah fakta di balik 21 nama produk IKEA:

1. Bolmen (sikat toilet): danau besar di wilayah Småland, selatan Swedia. 

2. Järvfjället (kursi gaming): gunung di Lapland Swedia.

3. Ektorp (sofa): pinggiran kota Stockholm.

4. Skärhamn (pegangan pintu): desa nelayan di Pulau Tjörn.

5. Stubbarp (kaki kabinet): kota berjarak 300 mil dari Stockholm.

6. Kallax (ambalan): nama desa dekat Luleå di Lapland Swedia.

7. Höljes (lampu gantung): hutan di kawsan Värmland.

8. Hemsjö (lilin): desa di wilayah Blekinge.

9. Toftan (tempat sampah): danau di wilayah Dalarna.

10. Mästerby (stool): medan pertempuran bersejarah di Pulau Gotland.

11. Voxnan (rak mandi): sungai dengan air terjun dan jeram di wilayah Hälsingland.

12. Himleån (handuk mandi): area jurang di wilayah Halland.

13. Laxviken (pintu kabinet): desa di wilayah Jämtland Härjedalen

14. Ingatorp (meja yang bisa dipanjangkan): desa bersejarah di Småland

15. Misterhult (lampu bambu): kepulauan terdiri dari 2000 pulau di dekat Kalmar, Småland

16. Vrena (countertop): desa di pantai timur di wilayah Sörmland

17. Björksta (pigura foto): desa dekat Uppsala.

18. Norberg (meja lipat): kota kecil di wilayah Västmanland

19. Askersund (pintu kabinet): toka dekat Örebro di Swedia Tengah

20. Rimforsa (bangku kerja): desa kecil di wilayahÖstergötland, Swedia timur. 

21. Bodviken (wastafel): danau gunung yang menjadi Warisan Dunia UNESCO di High Coast, di utara Swedia.

4 dari 4 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan