Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Kabupaten Katingan yang Punya Cerita Legenda Mangkikit

Top 3 Berita Hari Ini tentang enam fakta Katingan, Jepang yang mempersingkat karantina bagi pelancong tujuan bisnis, dan restorasi terumbu karang.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang enam fakta Katingan yang punya cerita legenda Mangkikit. Mangkikit merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Legenda Mangkikit berasal dari Sungai Katingan di Kalimantan Tengah. Terdapat sebuah jeram yang disebut Riam Mangkikit di Sungai Katingan dan terdapat sebuah Batu Tangudau. Penamaan batu ini dikarenakan di bawah batu terdapat lubang ikan Tangudau, sejenis ikan hiu.

Dari Katingan, beralih ke Jepang yang berencana mempersingkat waktu karantina hanya tiga hari bagi pelancong bisnis. Mereka merupakan para pebisnis yang telah divaksinasi, yang datang dari luar negeri.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, pemerintah akan meninjau aturan pembatasan masuk secara bertahap menimbang situasi Covid-19 di negara itu. Ia menambahkan bahwa upaya vaksinasi di Jepang telah berkembang terus menerus dan kalangan pebisnis telah meminta kelonggaran kontrol pembatasan untuk membantu sektor pariwisata.

Berita lain dari Indonesia tentang restorasi terumbu karang. Indonesia disebut sebagai negara di dunia yang terdepan dalam merestorasi terumbu karang.

Studi menunjukkan Indonesia memiliki lebih dari 500 proyek restorasi atau pemulihan terumbu karang. Ini pencapaian yang luar biasa dan sejalan dengan rencana ambisius pemerintah untuk menciptakan 30 juta hektar Kawasan Konservasi Laut untuk memastikan terumbu karang di Indonesia tidak hilang di generasi kita. Semua bahasan ini terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini.

6 Fakta Menarik Kabupaten Katingan yang Punya Cerita Legenda Mangkikit

Katingan, kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah itu beribu kota di Kasongan. Kabupaten itu merupakan hasil pemekaran Kabupaten Katingan Timur yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002.

Luas wilayahnya 17.500 kilometer persegi yang terdiri dari 13 kecamatan. Kabupaten ini dilintasi oleh Sungai Katingan sepanjang kurang lebih 650 kilometer.

Selanjutnya...

Jepang Berencana Persingkat Waktu Karantina Jadi 3 Hari bagi Pelancong Bisnis

Makin banyak negara yang mulai membuka perbatasannya untuk pelancong dari luar negeri, termasuk Jepang. Negeri matahari terbit itu berencana untuk melonggarkan aturan karantinanya bagi pelancong dengan tujuan bisnis.

Jepang mempertimbangkan untuk mempersingkat masa karantina bagi para pebisnis yang telah divaksinasi, yang datang dari luar negeri, menjadi tiga hari. Pejabat pemerintahan memperkirakan rencana ini akan dilaksanakan mulai minggu depan.

Selanjutnya...

Indonesia Terdepan di Dunia dalam Restorasi Terumbu Karang

Indonesia selama ini mungkin termasuk salah satu pelanggar lingkungan paling terkenal di dunia. Alasan utamanya adalah deforestasi berskala luas, beberapa kota dan sungai paling tercemar di dunia, dan kebakaran hutan yang begitu luas. Namun siapa sangka, masih ada satu hal yang membanggakan dalam bidang lingkungan hidup di Indonesia, yaitu terumbu karang.

Asia Tenggara diketahui mengalami industrialisasi dengan cepat, tapi Indonesia melakukan lebih banyak untuk memulihkan ekosistem laut yang rapuh daripada negara lain di dunia. Hal itu berdasarkan survei yang akan segera dirilis, yang ditunjukkan kepada Al Jazeera.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.