Sukses

7 Seafood yang Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan Tulang dan Gigi

Seafood merupakan makanan dengan sumber kalsium dan fosfor yang punya manfaat besar untuk kesehatan tulang serta gigi.

Liputan6.com, Jakarta Seafood merupakan makanan dengan sumber kalsium dan fosfor yang punya manfaat besar untuk kesehatan tulang serta gigi. Mengonsumsi seafood bisa menjadi salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan gusi serta jaringan penyangga gigi, menguatkan lapisan enamel gigi, bahkan bisa mengurangi bau mulut.

Namun untuk mendapatkan manfaat dan bukan masalah, seafood ini harus diolah dan dikonsumsi secara tepat. Dikutip dari KlikDokter, dr. Vito Damay, SpJP mencontohkan seafood yang diolah dengan cara digoreng akan meningkatkan kandungan lemak jahat di dalamnya. 

"Jika menu ini (seafood) dikonsumsi, apalagi dalam jumlah berlebihan, kadar kolesterol di dalam tubuh akan melonjak begitu saja. Karena itulah, seafood sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dipanggang dan dikonsumsi secukupnya saja,” jelasnya.

Meskipun mengundang kontroversi karena kadar kolesterolnya, segala bahan makanan yang berasal dari laut sampai saat ini terus digemari banyak orang. Berikut ini deretan seafood yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Docosahexaenoic acid (DHA), yaitu lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan salmon juga memiliki nutrisi kalsium yang tinggi, di dalam 6 ons ikan salmon, kurang lebih mengandung 181 mg asupan kalsium. 

Ikan salmon juga mengandung vitamin D dan zat fosfor yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan serta mengurangi pembuangannya di dalam urine. Tak hanya itu, fosfor membantu proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang di bagian lapisan enamel akibat paparan asam. 

Seperti diketahui, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan mulut kering serta dapat memicu terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ikan Teri

Ikan teri mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 yang tinggi. Karena mudah rusak, biasanya ikan teri akan diawetkan dengan cara diasinkan. kamu tidak perlu khawatir, pada proses memasak atau mengawetkan ikan teri jengki, kandungan CaF2 di dalamnya tidak akan berubah sama sekali.

Selain itu, ikan teri juga mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata. Lalu, mengandung fluoride, omega 3, protein, serta zat besi. Omega 3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan infeksi, sehingga kesehatan rongga mulut Anda dapat terjaga.

3. Belut

Daging belut mengandung fosfor dan vitamin A yang tinggi. Mengonsumsi fosfor dapat meminimalkan terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan meningkatkan kesehatan gusi. 

Sedangkan vitamin A dalam daging belut, punya manfaat untuk membuang racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin A juga turut menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dan terhindar dari gangguan kulit seperti psoriasis.

3 dari 4 halaman

4. Udang

Udang segar maupun yang sudah dikeringkan mengandung zat kalsium. Namun, udang kering diketahui memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Misalnya saja, di dalam 100 gram udang rebon kering, terdapat kalsium sebesar 2.306 mg, atau setara dengan 16 kali kalsium 100 gram susu sapi. 

Udang memiliki kandungan fosfor berkisar 625 gram. Sedangkan, manfaat zat besi di dalamnya udang berkisar sebanyak 21,4 gram. Selain itu, terasi udang juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan udang segar.

5. Lobster

Lobster mengandung fosfor dan mineral lain, seperti magnesium, kalium, dan Zinc. Deretan nutrisi tersebut membantu menjaga kesehatan tulang, fungsi sel, pengaturan glukosa dalam darah, produksi energi, dan kesehatan saraf.

Seperti diketahui, zinc dapat memperkuat pembentukan gigi dan mineral zinc juga sering digunakan sebagai bahan larutan kumur atau pasta gigi. Dalam produk perawatan tersebut berfungsi mencegah pembentukan plak serta karang gigi. Selain itu, juga mencegah bau mulut, menjaga kesehatan periodontal atau jaringan penyangga gigi.

4 dari 4 halaman

6. Cumi-cumi

Seafood selanjutnya yang punya peran dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang adalah cumi-cumi. Mineral yang terdapat di dalam cumi-cumi dapat memperkuat dan memperbaharui sel-sel tulang menjadi muda kembali.

Selain itu, cumi-cumi  juga merupakan sumber zinc yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sedangkan nutrisi magnesium alami cumi-cumi, diketahui mampu memberikan relaksasi otot dan saraf. Terakhir, ada manfaat selenium yang berfungsi sebagai antioksidan, yang mampu mengurangi gejala penyakit rheumatoid arthritis. 

7. Ikan Tenggiri

Dari semua jenis seafood, ikan tenggiri merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D paling tinggi. Khasiat vitamin D bisa terdapat di dalam potongan fillet ikan tenggiri beserta kulit dan tulangnya. Vitamin D diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium, serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ikan tenggiri juga kaya vitamin B12 yang punya manfaat untuk mencegah sariawan atau luka di mulut.

Bukan hanya itu, di dalam daging ikan ini terdapat asam lemak omega-3, yakni EPA dan DHA, yang bersifat sebagai zat anti peradangan. Mengonsumsi ikan tenggiri sebanyak satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah deretan seafood yang punya manfaat untuk menguatkan, menjaga, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Ingat untuk mengolah dan mengonsumsinya secara tepat, jangan makan berlebihan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.