Sukses

Mantan Biksu dan Model Ganteng Paing Takhon Ditangkap Tentara Myanmar

Paing Thakon dikabarkan sedang dalam kondisi kurang sehat saat akan ditangkap pihak militer Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Nama aktor dan model asal Myanmar, Paing Takhon, sempat viral di awal tahun ini saat ia tampil dalam balutan jubah biksu. Kini ada kabar terbaru yang kurang bagus dari sang mantan biksu. Ia baru saja ditangkap oleh pihak militer yang semakin menargetkan selebritas yang mengkritik kudeta di negara tersebut.

Dilansir dari BBC, Kamis (8/4/2021), Paing Takhon yang punya banyak pengikut online, ditahan pada pukul 5 pagi pada hari Kamis ini, dan merupakan yang terakhir dari ribuan orang yang ditahan sejak kudeta pada Februari lalu.

Paing Takhon dibawa pergi dari rumah ibunya, menurut laporan media setempat. Mirisnya lagi, ia sedang dalam kondisi kurang sehat saat akan ditangkap.  Saudara perempuanya, Thi Thi Lwin, menulis di Facebook kalau Paing ditangkap oleh sekitar 50 tentara Myanmar.

Menurut Thi Thi, saudara laki-lakinya tersebut ditangkap saat dia sakit parah di rumah ibunya di daerah North Dagon, Yangon, Myanmar. "Karena dia sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang tanpa kekerasan. Tapi kami tidak tahu kemana dia dibawa," ungkap Thi Thi.

Pihak militer memang sudah menerbitkan nama dan foto tokoh-tokoh populer dalam daftar pencarian harian di TV dan di surat kabar milik pemerintah. Lebih dari 100 orang selebritas sedang dicari oleh militer, dan banyak yang bersembunyi.

Finalis Miss Grand International 2020, Han Lay yang merupakan Miss Grand Myanmar kabarnya juga sedang diincar. Saat berpidato di ajang yang berlangsung di Thailand itu, Han Lay mengungkapkan menentang pihak militer dan meminta bantuan dunia internasional untuk menyelesaikan konflik di negaranya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Media Sosial Dihapus

Sementara itu, Paing Takhon yang pernah ikut dalam protes anti-kudeta, menghadapi dakwaan berdasarkan pasal 505a KUHP, yaitu mengkriminalisasi komentar yang "menyebabkan ketakutan" atau menyebarkan "berita palsu" dan bisa mengakibatkan hukuman penjara sampai tiga tahun.

Profil media sosial pria berusia 24 tahun tersebut telah dihapus, meskipun belum diketahui siapa yang menghapusnya. Nama Paing Takhon sendiri dikenal luas setelah membagikan pengalamannya menjadi biksu selama 10 hari di Myanmar lewat akun Instagram miliknya.

Momen tersebut ditandai sebagai waktu berharga dan istimewa baginya. Tak sedikit pujian yang disampaikan warganet dan membanjiri kolom komentar unggahan sang model.

Paing Takhon pernah menyabet posisi ke-10 dalam daftar pria tertampan di dunia 2020 versi TC Candler.  Ia memulai karier di dunia modeling pada 2014 dan debut di seni peran pada 2017 dan bermain di film Midnight Traveller.

3 dari 3 halaman

Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.