Sukses

Apa Fungsi Travelator yang Ada di Bandara?

Keberadaan travelator sangat identik dengan situasi sibuk di bandara, lantas apa kegunaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Bandara dilengkapi dengan beragam fasilitas umum yang dapat digunakan para calon penumpang. Salah satu yang keberadaannya sangat akrab dengan bandara adalah travelator.

Adapun travelator juga dikenal dengan beragam sebutan, mulai dari autowalk hingga penggerak orang. Fasilitas ini hadir dengan mekanisme conveyor yang bergerak lambat untuk mengangkut orang melintasi bidang horizontal.

Lantas, apa sebenarnya fungsi travelator sendiri? Terkait hal itu, Angkasa Pura Airports menjelaskan secara singkat melalui sebuah unggahan lewat akun Instagram resmi pada Rabu, 30 Desember 2020.

"Nah, meski tidak tertulis namun ada lho ketentuan siapa saja yang berhak untuk menggunakannya," demikian bunyi keterangan itu.

"Travelator disediakan bagi penumpang pesawat yang sedang terburu-buru untuk mengejar pesawat," lanjutnya.

Dicontohkan, para calon penumpang menaiki pesawat yang berada di ujung terminal bandara. Untuk mempercepat langkah yang terburu-buru, dapat menggunakan travelator tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Posisi

"Namun berlaku ketentuan tidak tertulis, bahwasanya jika kita memilih jalur travelator, maka kita tidak boleh hanya diam, melainkan juga harus sambil berjalan," lanjut keterangan itu.

"Dikecualikan bagi orang-orang tua atau lansia, ibu hamil, orang yang sedang sakit," tambahnya.

Namun yang harus diperhatikan adalah posisi para calon penumpang berada di sebelah kiri. Sehingga pengguna travelator lain dapat mendahului dari sisi kanan.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.