Sukses

Simak Detail dan Tarif Rapid Test di 5 Bandara Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Melampirkan hasil rapid test jadi salah satu syarat yang diterapkan berbagai moda transportasi di Indonesia ketika akan bepergian di masa pandemi, termasuk di bandara. Hal ini dilakukan guna menekan transmisi corona Covid-19.

Sederet bandara di dalam negeri pun telah menyediakan layanan rapid test. Jika ingin menggunakan layanan tersebut, para calon penumpang disarankan untuk datang lebih awal atau setidaknya tiga jam karena akan ada pemeriksaan surat keterangan sehat.

Lantas, berapa tarif rapid test di beberapa bandara? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Bandara Soekarno-Hatta

Berdasarkan keterangan di Instagram resmi, Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan rapid test dengan harga Rp85 ribu. Harga ini turun dari tarif sebelumnya, yakni Rp145ribu.

Tes ini berlaku mulai 18 September 2020 di Airport Health Center, Shelter Skytrain Terminal 2, dan Gate 5 Kedatangan Domestik Terminal 3. Pelayanan tersebut dilakukan selama 24 jam setiap harinya.

2. Bandara Sultan Hasanuddin

Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar turut menyediakan layanan rapid test seharga Rp85 ribu. Harga ini berlaku mulai 14 September 2020.

Lokasi rapid test sendiri berada di area keberangkatan. Untuk waktu layanan tersedia mulai 08.00--16.00 WITA.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 6 halaman

3. Bandara Ngurah Rai

Layanan rapid test juga tersedia di Bandara Ngurah Rai, Bali dengan harga Rp85 ribu. Lewat akun Instagram resmi disampaikan bahwa lokasi tes berada di area publik Terminal Domestik.

Rapid test ini dibuka Senin hingga Minggu pukul 07.00--19.00 WITA. Calon penumpang juga dapat mendaftarkan diri terlebih dulu secara online untuk melakukan rapid test.

3 dari 6 halaman

4. Bandara Internasional Yogyakarta

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, turut menghadirkan layanan rapid test seharga Rp85 ribu. Layanan berlokasi di lantai mezzanine Gedung Penghubung YIA.

Layanan dibuka setiap hari mulai pukul 06.00--16.00 WIB. Proses pemeriksaan hingga mendapat hasil rapid test memakan waktu sekitar 30 menit tergantung antrean dan pemeriksaan yang dilakukan petugas rumah sakit.

4 dari 6 halaman

5. Bandara Internasional Syamsudin Noor

Bandara di Banjarmasin ini menyediakan layanan rapid test yang juga seharga Rp85 ribu. Harga ini telah termasuk surat keterangan dan dapat ditunggu di ruang yang telah disediakan.

Lokasi layanan berada di Gedung Shelter Bus Bandara dan buka setiap hari dari pukul 07.00--15.00 WITA.

 

5 dari 6 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: