Sukses

Resep Membuat Sambal Kreasi Mendiang Ibu Tien dari Titiek Soeharto

Liputan6.com, Jakarta -  Titiek Soeharto sering membagikan unggahan mengenai keluarganya di media sosial, termasuk tentang resep membuat sambal. Unggahan ini dibagikan Titiek untuk mengenang sosok ibunya, Tien Soeharto.

Semasa hidupnya, istri mantan Presiden Soeharto itu disebut gemar memasak berbagai masakan yang menggugah selera. Salah satunya adalah membuat sambal.

Resep sambal Tien Soeharto ini dibagikan kembali oleh Titik Soeharto lewat video di akun Instagram dan Youtube miliknya pada 29 November 2020. Anak keempat mendiang Presiden Soeharto tersebut membeberkan rahasia di balik kelezatan resep sambal sang ibu.

"Sambal ini nantinya akan disantap bersamaan dengan ikan besar, dan juga udang. Kebetulan tadi saya sudah beli di pasar," ucap Titiek Soeharto. Anda pun bisa membuat sambal kreasi Ibu Tien Soeharto di rumah, Simak resep dan cara membuatnya berikut ini:

Bahan-bahan:

15 siung bawang merah

4 tomat potong-potong kecil

Terasi secukupnya sesuai selera

Kulit jeruk sambal

Cabai rawit jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera

Gula pasir sedikit

Garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya.

2 dari 4 halaman

Cara pembuatan:

1. Pertama, tuang garam satu sendok ke atas cobek, kemudian terasi dua sendok kecil kemudian sedikit gula. Setelah itu jangan lupa juga untuk menuangkan cabai.

2. Haluskan bahan-bahan tadi dengan cara diuleg sampai sedikit lembut kemudian tuangkan satu mangkok bawang merah yang sudah dikupas.

3. Uleg kembali bawang merah dan juga campuran sambal tadi. Usahakan, sambal serta bawang tadi tidak diuleg terlalu halus ya, sesuai saran Titiek Soeharto.

4. Berikutnya, tuang semangkok tomat yang sudah dipotong dadu, lalu uleg kembali bersama dengan sambal bawang.

5. Langkah selanjutnya, taburkan sedikit kulit jeruk sambal agar aromanya semakin harum dan nikmat.

6. Terakhir, siram sambal dengan minyak goreng panas/minyak jelatah bekas pakai untuk menggoreng berbagai macam sajian sedikit saja. Uleg sampai minyak goreng tercampur rata dengan sambal, lalu koreksi rasa. Jika kurang manis, bisa ditambahkan lagi sedikit gula.

7. Saat sambal sudah selesai dibuat, sambal kreasi Tien Soeharto ini paling pas disantap dengan lauk ikan bakar, ayam bakar atau udang goreng.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: