Sukses

Keunggulan Sepatu Lari Ramah Lingkungan Buatan Prancis

Liputan6.com, Jakarta -  Konsep eco fashion yang ramah lingkungan semakin diminati dan mencuri perhatian banyak orang. Tak sedikit produk fesyen yang mencoba mengadaptasi konsep berkelanjutan tersebut. Salah satunya adalah sepatu lari yang bisa didaur ulang.

Produsen sepatu asal Amerika Serikat Vans misalnya, mereka sudah meluncurkan koleksi yang dirancang untuk mempromosikan kesadaraan terhadap lingkungan. Vans mengikuti jejak perusahaan fesyen lain yang menyoroti lingkungan.

Melalui koleksi yang dinamai "Save Our Planet", Vans berharap bisa menarik perhatian publik atas masalah kerusakan lingkungan, khususnya polusi lautan.

Seperti dilansir Independent, setiap sepatu menampilkan grafik warna-warni atau monokrom dari peta dunia di samping slogan "Save Our Planet" yang dicetak dengan gaya grafiti dan tanda perdamaian.

Yang terbaru, produsen peralatan outdoor asal Prancis,  Salomon merilis koleksi sepatu ramah lingkungan yaitu Index.01. Hadir dengan inovasi terbaru, alas kaki ini mengusung tema sustainability atau keberlanjutan yang dapat didaur ulang sepenuhnya.

Seperti dilansir dari Hypebeast, 11 September 2020, bagian atas sepatu Index.01 terbuat dari poliester daur ulang dan busa TPU (thermoplastic polyurethane) yang diinfuskan nitrogen bernama Infiniride untuk bagian midsole.

2 dari 3 halaman

Sangat Ringan

Kedua bahan tersebut bisa didaur ulang secara luas. Selain ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, kedua bahan ini juga sangat ringan.

Hal ini terbukti bahwa sepatu tersebut memiliki berat hanya 285 gram. Di sisi lain, sepatu lari ini juga memiliki desain berupa tab lidah yang menampilkan logo Salomon dan logo yang dapat didaur ulang.

Index.01 hadir dengan pilihan warna putih pudar. Khusus untuk tali sepatu dan bagian midsole, Salomon memberikan nuansa putih yang lebih "cerah".

Namun untuk mendapatkannya, Anda harus sedikit bersabar. Harga sepatu ini belum diumumkan dan rencananya baru akan dirilis pada musim semi 2021 mendatang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: