Sukses

Cara Mencuci Sepatu yang Benar Sesuai Bahannya, Jangan Sampai Salah

Cara mencuci sepatu yang benar perlu diterapkan sesuai bahannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci sepatu yang benar perlu diterapkan sesuai bahannya. Tiap bahan sepatu memang memerlukan perawatan yang berbeda pula. Misalnya, saat kamu bisa menggunakan air untuk mencuci sepatu berbahan kain, kamu malah dianjurkan untuk menghindari penggunaan air saat mencuci sepatu berbahan suede.

Banyaknya sepatu dengan berbagai warna dan bahan membuat kamu kesulitan dalam merawat sepatu-sepatu tersebut. Jika salah dalam perawatannya, bisa-bisa sepatu tersebut menjadi rusak atau terlihat usang. Apalagi bagi kamu yang memiliki koleksi sepatu yang banyak

Cara mencuci sepatu yang benar sebenarnya tidak begitu sulit diterapkan. Asalkan kamu tahu cara mencuci sepatu sesuai dengan bahannya, maka sepatu akan tetap terlihat bagus. Mencuci sepatu dengan cara yang benar sesuai bahan juga akan membuat sepatu lebih tahan lama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/9/2020) tentang cara mencuci sepatu yang benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mencuci Sepatu Bahan Kain

Salah satu bahan sepatu yang sering digunakan adalah sepatu bahan kain. Bahan kain memang sering kali digunakan untuk berbagai alas sepatu, mulai dari sandal, sepatu, pantofel dan sebagainya. Sepatu dengan bahan kain, pasti akan selalu kotor dengan cepat. Namun, kamu tidak perlu khawait, hanya dengan menyiapkan sedikit sabun pencuci piring, air hangat, sikat gigi bekas, dan beberapa handuk, kamu bisa menerapkan cara mencuci sepatu bahan kain.

Langkah pertama, gunakan handuk untuk membersihkan kotoran dan debu pada permukaan sepatu. Kemudian, campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dan dua gelas air hangat ke dalam mangkuk. Lalu, celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut dan gunakan untuk membersihkan setiap bagian sepatu.

Setelah selesai membersihkan kotoran pada sepatu, gunakan handuk lain untuk mengeringkan sepatu (kamu bisa menepuk-nepuk bagian sepatu, namun jangan menggosok bagian sepatu). Setelah itu diamkan di tempat terbuka hingga mengering.

Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air saat mencuci sepatu kain. Hal ini karena hampir semua sepatu kain mengandung lem yang tidak bisa menahan banyak air. Lem bisa menjadi kendur dan membuat sepatu menjadi rusak.

3 dari 6 halaman

Cara Mencuci Sepatu Bahan Suede

Cara mencuci sepatu berbagan suede harus dilakukan dengan cara khusus. Kamu perlu memastikan bahwa sepatu jenis ini harus selalu dalam keadaan kering. Hal ini karena material sepatu berbahan suede memiliki daya serap tinggi, segala sesuatu yang mengenai, menumpahi, atau mengotorinya dapat menempel.

Ada beberapa cara mencuci sepatu suede yang benar, yang paling penting jangan gunakan air untuk membersihkan sepatu suede. Hal ini karena Air dapat meninggalkan bekas, mengubah tampilan, dan meninggalkan noda pada sepatu berbahan suede.

Kamu bisa memoles sepatu suede-mu secara teratur dengan menggunakan sikat gigi. Jika sepatumu terkena noda, maka kamu harus segera membersihkannya.

Selain itu, pada beberapa kasus, coretan dan noda bisa hilang dengan menggunakan penghapus. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. Kamu juga bisa mencoba usap titik noda dengan kain lap putih yang dicelupkan dalam cuka putih atau rubbing alcohol untuk menghilangkan noda yang membandel.

Menghilangkan noda minyak dengan menaburkan sedikit bedak di atas noda tersebut juga bisa menjadi alternatif. Biarkan bedak menutupi noda tersebut setidaknya selama satu jam, sebelum membersihkannya menggunakan kuas atau sikat.

4 dari 6 halaman

Cara Mencuci Sepatu Bahan Kulit

Cara mencuci sepatu bahan kulit bisa menggunakan larutan air dingin dan cuka putih. Gunakan kain bekas untuk membersihkan sepatu menggunakan larutan ini. Cuka bisa membersihkan semua noda dan membuat goresan pada sepatu menghilang. Biarkan sepatu hingga mengering setelah dibersihkan.

Jika sepatu kulit memiliki goresan atau lecet, gunakan semir sepatu dengan warna yang sama dengan sepatumu.

Kamu juga bisa membuat semir sepatumu sendiri. Caranya adalah dengan membasahi kain dan mencelupkannya ke dalam baking soda. Gosok bagian sepatu kulit dengan berhati-hati menggunakan kain ini, kemudian bersihkan sepatu menggunakan kain bersih.

5 dari 6 halaman

Cara Mencuci Sepatu Olahraga

Cara mencuci sepatu olahraga selain bisa dengan cara manual, juga bisa dilakukan dengan mesin cuci. Ada banyak jenis sepatu olahraga yang bisa dibersihkan di dalam mesin cuci. Pastikan kamu melepas tali sepatu dan insole bagian dalam sepatu sebelum mencucinya.

Kamu bisa membersihkan bagian-bagian sepatu ini secara terpisah. Setelah dicuci, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya pada tempat terbuka. Namun, jangan pernah mengeringkan sepatu ini di dalam mesin pengering.

6 dari 6 halaman

Cara Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Sebelum mengenali cara mencuci sepatu dengan mesin cuci, kamu perlu mengetahui bahan-bahan sepatu yang aman dicuci dengan mesin cuci, dan yang tidak aman. Bahan kanvas, pleather (kulit imitasi), karet, plastik, dan rajut merupakan bahan-bahan sepatu yang boleh dicuci menggunakan mesin cuci.

Sedangkan untuk sepatu berbahan suede dan kulit asli, maka sebaiknya kamu tidak menggunakan mesin cuci. Berikut cara mencuci sepatu dengan mesin cuci yang benar:

Pertama- tama, lepas tali sepatu, lalu tempatkan dalam sarung bantal untuk memastikan agar kotoran tidak menempel di bawah tali sepatu dan sepatu tidak terlilit. Kemudian, gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran yang membandel.

Setelah itu, baru masukkan sepatu, kantong yang berisi tali sepatu/insole dan beberapa handuk bekas ke dalam mesin cuci. Handuk berfungsi untuk menyeimbangkan muatan dalam mesin cuci dan mencegah sepatu terbentur bagian dalam mesin cuci.

Tambahkan sedikit detergen cair (detergen bubuk dapat menempel di sepatu). Jalankan mesin cuci dengan pengaturan air dingin dan delicate cycle serta bilasan ekstra untuk menghilangkan sisa sabun sepatu yang menempel.

Terakhir, keringkan sepatu dalam suhu ruangan. Hindari sinar matahari langsung karena dapat mengubah warna atau mengerutkan sepatu dengan material tertentu. Jangan pernah menggunakan mesin pengering atau pengering rambut, karena suhu panas tinggi dapat membuat sol sepatu berkerut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini