Sukses

4 Alasan Pentingnya Memaafkan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam upaya bagi pasangan untuk mempertahankan hubungan asmara. Membangun fondasi kuat ikatan ini dapat diwujudkan dengan menjalin komunikasi yang baik hingga saling memaafkan.

Sulit dipungkiri bahwa perbedaan pendapat berujung pertengkaran kerap dihadapi banyak pasangan. Terlepas dari itu, ternyata menerima dan memaafkan pasangan disebut sebagai kunci menuju hubungan yang sehat.

Lantas, apa saja alasan pentingnya memaafkan pasangan untuk mempertahankan hubungan? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Times of India, Selasa, 11 Agustus 2020.

1. Melepas keraguan dan dendam

Menyimpan dendam membawa rasa tidak aman dan kecemasan di setiap jalan. Anda jadi begitu tenggelam dalam dunia Anda sendiri yang dibangun oleh keraguan, ketidakbahagiaan, kurangnya kepercayaan, dan banyak kebencian. Hal ini akan membuat Anda jadi sengsara, bahkan dalam hubungan selanjutnya.

2. Bebas dari rasa sedih

Jalan menuju kebebasan dari perasaan sedih dan lebih buruk sepanjang waktu adalah dengan memaafkan. Seseorang tidak bisa lepas dari pikiran dan ingatan masa lalu, kecuali mereka memaafkan orang yang telah menyakiti.

Hidup ini terlalu singkat. Ada banyak hal indah untuk dilihat, dipelajari, dan dikonsumsi di dunia ini. Jika masih menyimpan dendam, hal-hal tersebut tidak dapat dilihat, didengar, atau dialami.

2 dari 3 halaman

3. Kendali pada hidup

Memaafkan seseorang dan melepaskan dendam memberi Anda kendali atas hidup Anda sendiri. Lagipula siapa yang tidak ingin mengendalikan hidup mereka sendiri dan menjalani kehidupan yang damai?

Hal tersebut akan membutuhkan waktu, latihan dan ketekunan. Namun, pada akhirnya, itu pasti akan banyak membantu Anda.

4. Mudah move on

Setelah Anda siap dengan sepenuh hati untuk memaafkan, move on jadi mudah dan tidak terlalu menyakitkan. Move on sangatlah penting dan seseorang tidak dapat melakukannya, kecuali Anda telah benar-benar memaafkan orang itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: