Sukses

Danau Tujuan Wisata di Turki Disebut Mirip Kawah di Planet Mars

Liputan6.com, Jakarta -  Planet Mars sudah lama diyakini punya beberapa kemiripan dengan Planet Bumi. Bahkan ada tempat di buni yang punya kesamaan dengan planet yang disebut Planet Merah tersebut.

Sebuah danau di Turki disebut-sebut punya kesamaan dengan Kawah Jazero di Planet Mars. Hal itu menarik perhatian Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA/ National Aeronautics and Space Administration) untuk menelitinya.

Dilansir dari Anadolu Agency dan US Times Now, Senin, 3 Agustus 2020, kesamaan tersebut dilihat dari susunan mineral yang dipantau dengan penginderaan jauh dan morfologis, menurut Candan Gokceoglu, seorang profesor teknik geologi di Universitas Hacettepe di Ankara, Turki.

Jezero Crater adalah lokasi pendaratan yang direncanakan untuk penjelajah NASA pada Februari lalu saat akan memulai misi yang akan berlangsung selama satu tahun Mars atau setara dengan 687 hari Bumi. Gokceoglu kemudian mengunggah ulang unggahan NASA di akun Twitter miliknya, di mana ia menunjukkan kesamaan antara Jezero dan Salda.

"Meski terletak di tempat yang jauh, Danau Salda, #Turki, punya kesamaan geologis dengan Kawah Jezero di #Mars. Para peneliti bahkan melakukan pekerjaan lapangan di Danau Salda untuk mempersiapkan #CountdownToMars," tulis Prof Gokceoglu sambil menyandingkan foto tampilan atas dari Jezero dan Salda.

Perairan jernih danau kawah dan pantai pasir putihnya, menurut ilmuwan di NASA Earth Observatory, memiliki banyak kesamaan dengan Kawah Jezero. Garis pantainya yang berwarna unik ialah hydromagnesite, bukan hanya mirip dengan mineral karbonat di Jezero, tetapi juga satu-satunya di Bumi.

"Anda mungkin tidak bisa melakukan perjalanan ke Jezero Crater di Mars, tapi Anda dapat mengunjungi hal terbaik berikutnya: Danau Salda di Turki. Walaupun letaknya jauh, Danau Salda berbagi mineralogi dan geologi yang sama dengan danau di Mars," terangnya.

2 dari 3 halaman

Daerah Perlindungan Lingkungan Khusus

Gokceoglu menjelaskan bahwa NASA tengah memahami kalau situasi Mars sekarang mirip dengan Bumi sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Profesor Gokceoglu menambahkan, Danau Salda harus terus dilestarikan dan dijaga nilai ilmiahnya. Danau tersebut berada di bawah badan konservasi tertinggi sebagai "Daerah Perlindungan Lingkungan Khusus".

"Kita seharusnya tidak hanya menyerahkan kegiatan perlindungan kepada negara, tapi sebagai individu kita juga harus melakukannya," ucapnya. Ia memprediksi Danau Salda akan lebih populer di dunia pada pertengahan 2022, setelah penelitian yang dilakukan oleh NASA.

"Kalau memang mineral itu benar-benar mirip, maka bisa disimpulkan, Mars 3,5 miliar tahun lebih muda dari bumi dan sedang dalam perjalanan untuk menjadi planet seperti Bumi," lanjut Gokceoglu. Dia mengatakan penelitian pada sampel Mars dan Danau Salda akan menjadi bukti terpenting dalam misi NASA.

Sementara itu, Danau Salda juga dikenal sebagai Turkey's Maldives karena punya pemandangan dan kawasan wisata yang mirip dengan Maldives atau Maladewa. Danau di Provinsi Burdur tengah ini termasuk tujuan populer para wisatawan dalam beberapa tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: