Sukses

Bagi-Bagi Kardus Mi Instan Berisi Uang, Siapa Sih Tom Liwafa?

Tom Liwafa belakangan jadi topik hangat perbincangan publik karena bagi-bagi uang ditaksir berjumlah jutaan rupiah di dalam kardus mi instan.

Liputan6.com, Jakarta - Turut serta dalam aksi solidaritas membantu mereka yang kesulitan di masa pandemi corona COVID-19, nama Tom Liwafa menyeruak ke tengah topik hangat perbincangan publik. Lelaki asal Surabaya, Jawa Timur ini kedapatan memberi bantuan berupa sekardus mi instan, ditambah uang ditaksir berjumlah jutaan rupiah.

Kabar ini bukanlah momen pertama Tom hadir menghiasai pemberitaan. Ayah dua anak tersebut sebelumnya sudah lebih dulu jadi perbincangan warganet karena membeli mobil mewah milik YouTuber Atta Halilintar, sekitar akhir tahun lalu.

Supercar merek BMW i8 tersebut merupakan mobil hybrid yang dipasarkan sejak 2014. "Saya beli super car ini sebagai pencapaian. Jangankan supercar, dulu motor bagus saja tidak mampu beli," kata Tom Liwafa.

Di Indonesia, mobil super tersebut hanya ada delapan unit. Melalui kanal YouTube Atta, Tom diketahui membeli mobil tersebut dengan harga Rp3 miliar secara tunai. Sementara, Atta mengaku mobil itu dulunya ia beli secara kredit.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020), Tom memang dikenal sebagai pengusaha muda sukses di Indonesia. Ia adalah sosok di balik usaha grosir tas dan sepatu di bawah label Handmadeshoesby dan Delvationstore.

Bersama sang istri, Delta Hesti, mereka membangun kerajaan bisnis di banyak lini, termasuk fesyen, kecantikan, furnitur, bahkan kuliner. Usaha mereka tercatat sudah memiliki ribuan mitra dan karyawan, dengan total kapasitas produksi ribuan potong setiap hari.

Produksi usaha Tom Liwafa dan istri dikatakan tersebar di beberapa kota di Jawa Timur, seperti Mojokerto, Jombang, Gresik, Sidoarjo, Malang, dan Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Bisnis dari Nol

Semua lini bisnis dibangun Tom Liwafa dari nol. Lelaki yang acap kali dijuluki sebagai Crazy Rich Surabaya ini awalnya hanya berjualan stiker keliling. Ia kemudian membangun bisnis pertama hingga sekarang metempuh 'efek bola salju'.

Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, Tom acap kali berbagi kiat-kiat sukses, mulai dari mendorong orang untuk tak malu berjualan barang berharga murah, hingga cara menjaga eksistensi bisnis.

Soal membantu mereka yang kesulitan di masa pandemi, juga lewat akun Instagram-nya, Tom mengatakan bahwa itu merupakan pembagian 50:50 dari hasil donasi dan uang pribadinya.

"Semoga kebaikan ini menular. Mau dibilang riya silakan. Yang penting kita tulus dalam hati memang pengin sumbang... Yang komen baik tak kasih pulsa 100k buat tiga orang. Kita butuh banyak orang baik di Indonesia. Baik itu baik berkomentar, baik berucap, atau baik dalam berbagi," tulisnya.

Bersama keterangan tersebut, Tom mengunggah video memperlihatkan dirinya menaruh uang ke dalam kardus berisi mi instan dan dibagikan pada mereka yang berada di jalanan. Dalam pembagian, Tom tampak sebentar duduk dan mengobrol dengan penerima donasi tersebut.

Ada pula momen saat membuka kardus, tampak para penerima donasi menangis haru mendapati uang di dalamnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini