Sukses

Sederet Bahan Alami yang Bisa untuk Membersihkan Rumah, dari Cuka hingga Baking Soda

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan jadi salah satu poin penting dalam upaya pencegahan virus corona COVID-19. Selain mencuci tangan dengan bersih, tetapi memastikan untuk membersihkan rumah dan beragam hal di dalamnya.

Dilansir dari The Sun, Senin, 30 Maret 2020, tak jarang, Anda kehabisan produk pembersih tersebut di rumah. Namun jangan khawatir, karena Anda dapat menggunakan bahan-bahan lainnya.

Sebagian besar bahan-bahan ini mungkin ada di dapur atau dalam persediaan Anda yang ternyata bagus untuk membersihkan rumah. Sebut saja baking soda, bahan pokok dalam baking, tetapi dapat jadi bahan pembersih yang luar biasa.

Ada pula cuka putih yang biasanya ditambahkan dalam beberapa jenis makanan, produk asam ini juga bisa jadi pembersih yang efektif. Dilanjutkan dengan lemon, jika masih ada sisa lemon, Anda dapat menggunakannya sebagai alat untuk membersihkan beragam perabotan. Selain itu, lemon memberi aroma yang menyegarkan.

Berlanjut pada kristal soda yang jadi pembersih serbaguna yang efektif. Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan segala macam minyak dan kotoran.

Lalu, ada soapnuts atau lerak yang bisa jadi sumber deterjen yang bebas plastik. Tak ketinggalan minyak esensial. Tak hanya untuk dicampurkan ke dalam bak mandi, tetapi juga dapat ditambahkan ke produk pembersih buatan rumah untuk memberi aroma yang segar.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Produk Kebersihan

Jika Anda kehabisan produk pembersih biasa, simpan botol terutama yang ada semprotannya. Hal ini digunakan untuk menuangkan pembersih buatan rumah.

Jangan lupa air panas adalah alat yang hebat untuk digunakan di sekitar rumah dengan suhu tinggi yang efektif membunuh kuman.

1. Pembersih Toilet

Produk pembersih ini terdiri atas campuran baking soda, cuka putih, dan minyak esensial. Minyak esensial sangat membantu menjaga toilet tetap segar, tetapi sekali lagi Anda masih bisa membersihkan toilet dengan mencampur bahan-bahan lainnya.

Pastikan Anda menggunakan sikat untuk menggosok bagian dalam toilet untuk mencegah terbentuknya bercak endapan.

2. Pembersih Jendela

Bahan-bahan yang diperlukan meliputi cuka putih, air hangat, dan tepung jagung. Meski Anda mungkin tidak berpikir untuk menambahkan tepung jagung, tetaapi hal ini dapat menjadi pembersih jendela yang sangat efektif bila ditambah ke cuka dan air.

Tetapi jika Anda tidak punya, Anda bisa mencampurkan kedua bahan lainnya bersama-sama dan digunakan untuk memoles menjadi jendela jadi berkilau.

3. Detergen Cucian

Bahan-bahan yang diperlukan meliputi pengganti boraks alami, kristal soda, baking soda, tiga batang sabun, dan minyak esensial. Jika Anda tidak bisa mendapatkan lerak, Anda bisa membuat deterjen sendiri dari bahan-bahan rumah tangga ini.

Meskipun Anda mungkin tidak melihat banyak busa, jangan khawatir karena pakaian Anda masih bersih. Jika Anda tidak memiliki minyak esensial apa pun, cucian Anda akan tetap segar, ia tidak akan memiliki wewangian.

4. Pembersih Serba Guna

Bahan-bahannya terdiri atas cuka putih, baking soda, air hangat, dan lemon. Pembersih serba guna ini dapat digunakan pada permukaan yang keras seperti meja dan ubin.

Karena Anda dapat menyimpannya dengan mudah, membuatnya dalam jumlah besar dan menyimpannya untuk penggunaan selanjutnya. Jika Anda tidak memiliki lemon atau jus lemon, Anda bisa mengatasinya dengan bahan-bahan yang tersisa.

5. Pembersih Saluran

Bahan-bahan yang diperlukan mulai dari baking soda, garam, cuka putih, dan air hangat. Tidak ada yang mau saluran pembuangan tersumbat, tetapi jika itu terjadi, cobalah mencampur baking soda dan garam bersama-sama.

Tuangkan ke saluran pembuangan dan tuangkan cuka putih panas, dan tutupi steker Anda dengan lakban, atau yang serupa. Setelah 15 menit, jalankan keran panas atau tuangkan air mendidih ke wastafel agar tetap jernih.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: