Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Bukan Hanya Bumbu Dapur, Garam juga Bermanfaat bagi Kesehatan Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, garam sangat identik dengan fungsinya sebagai bumbu atau penambah rasa dari masakan. Biasanya orang-orang hanya mengetahui garam memiliki manfaat sebatas ketika di dapur saja.

Padahal, garam memiliki segudang manfaat lainnya, daripada hanya menjadi bumbu untuk masakan. Garam juga sangat bermanfaat bagi perawatan tubuh, salah satunya wajah. Manfaat garam untuk wajah sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Dengan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah, tentunya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda juga tidak perlu pergi ke dokter untuk perawatan wajah dan mengeluarkan biaya mahal. Berikut empat manfaat garam untuk wajah Anda yang dilansir dari seasalt.com, Selasa, 16 April 2019.

Mengatasi kulit berminyak

Garam memiliki kandungan potasium dan belerang di dalamnya yang bermanfaat untuk mengontrol minyak pada wajah. Cara menggunakanya, cukup dengan membasuh muka dengan handuk yang sudah dicelupkan ke air garam. Anda bisa memakai cara ini sebelum tidur dan lakukanlah secara rutin agar muka bebas dari kulit berminyak.

Menghaluskan wajah

Garam bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Anda bisa menjadikan garam sebagai scrubbing. Cara menggunakannya cukup mudah.

Anda cukup mencampurkannya dengan minyak zaitun, lalu olekan pada bagian wajah. Jangan heran kalau efeknya akan terasa perih karena itu adalah proses saat garam membunuh bakteri pada kulit wajah Anda.

2 dari 3 halaman

Menghilangkan Jerawat

Selain dapat mengatasi kulit berminyak pada wajah, kandungan yang ada pada garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Jerawat timbul karena permukaan kulit wajah yang berminyak.

Kalau kulit kita berminyak, jerawat di wajah biasanya akan muncul dengan sendirinya. Untuk menghilangkan jeawat dengan garam caranya sama dengan pengaplikasian untuk mengatasi kulit berminyak.

Mengatasi komedo

Komedo yang muncul pada wajah tentunya akan menimbulkan efek kusam dan kasar serta memicu timbulnya jerawat. Tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan kita. 

Komedo itu semacam bakteri yang menumpuk pada bagian kulit wajah seperti hidung, bibir, dan dagu.  Tapi tak usah khawatir, Anda bisa mengatasi komedo dengan bahan dasar garam. Caranya, cukup mencampurkan satu sendok makan garam dan satu sendok makan gula pada wadah.

Pakai campuran ini untuk menggosok hidung dan dagu secara lembut, dengan gerakan melingkar, selama 10-15 menit. Lalu keringkan hidung Anda dengan kapas atau kain yang bersih.Untuk hasil yang lebih baik, lakukan rutinitas ini seminggu dua kali setiap pagi atau menjelang tidur agar komedo cepat menghilang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyakit Akibat Konsumsi Garam Berlebihan Juga Didapat Perokok Berat
Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Hilangkan Rekatan Lem Super pada Tangan dalam Sekejap