Sukses

Miss Universe 2018 Diklaim Lebih Pas Mewakili Australia, Bukan Filipina

Sejumlah media Australia menilai Catriona Gray menyandang gelar Miss Queensland bukan Miss Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes Miss Universe 2018 yang digelar di Bangkok, Thailand pada Senin, 17 Desember 2018 berhasil membuat Catriona Gray yang berasal dari Filipina meraih juara pertama. Ia adalah teman sekamar kontestan asal Indonesia, Sonia Fergina Citra.

Sonia yang hanya menempati 20 besar Miss Universe 2018 sudah tiba di Indonesia pada 20 Desember 2018. Itu diketahui dari unggahan akun Instagram resmi Puteri Indonesia yang memajang foto Puteri Indonesia 2018 itu dengan menuliskan, "Welcome home Queen@soniafergina, Top 20 Miss Universe 2018."

 

Saat Sonia sudah tiba dengan selamat di Tanah Air, Gray justru sedang ramai dibahas di media sosial. Tak lama setelah kemenangannya di Miss Universe 2018, sejumlah media Australia mengklaim kalau wanita berusia 24 tahun itu dianggap lebih pas mewakili Australia bukan Filipina.

Dilansir dari Rappler, 20 Desember 2018, Gray dinilai lebih pantas membawa nama Australia, khususnya daerah Queensland, karena lahir di negeri Kanguru tersebut. Seperti diketahui, ayah Catriona Gray, Ian Gray, berasal dari Australia tapi lahir di Skotlandia.

Sedangkan ibunya, Normita Magnayon asli Filipina. Cat sendiri lahir di Cairns, Queensland, Australia, 6 Januari 1994. Pemilik nama lengkap Catriona Elisa Magnayon Gray ini baru pindah ke Filipina di usia 18 tahun.

Salah satu media Australia, The Courier Mail, memasang foto Catriona Gray dengan judul ‘Miss Universe Filipina.’ Namun, tulisan Filipina dicoret dan ditambahkan tulisan Queensland di bawahnya. Masalah ini ramai dibahas di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mewakili Filipina Sejak Kecil

Ada yang mendukung penilaian media Australia, tapi banyak juga yang membela Catriona Gray. Seorang warganet, Marion Diaz menuliskan kalau Australia boleh saja menilai ikut ‘berjasa’ membesarkan Catriona Gray dan ikut merayakan kemenangannya, tapi Filipina lebih berhak.

Di antaranya karena sejak awal persiapan mengikuti Miss Universe, Gray mempunyai tim yang semuanya orang Filipina. Warganet lainnya, Lee Mari, menegaskan kalau sejak kecil Catriona Gray sudah mengikuti sejumlah perlombaan dengan membawa nama Filipina.

Bahkan saat masih tinggal di Australia, Gray selalu mewakili Filipina saat mengikuti kontes kecantikan di sana. Salah satunya dengan mengikuti Miss Little Philippines di Sydney, Australia.

Lalu bagaimana tanggapan Catriona Gray?  Ia sepertinya menyadari kontroversi seputar dirinya dan menuliskan tanggapan secara tidak langsung di akun Facebook miliknya.

"Filipina, sebuah kehormatan luar biasa membawa namamu di dadaku dan ada di semua aspek kehidupanku. Aku memang mengenakan selempang Miss Universe saat ini, tapi aku selamanya adalah Miss Filipina," tulis Miss Universe 2018, Catriona Gray.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.