Sukses

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu yang Enak, Lezat dan Kenyal

klepon adalah jajanan tradisional yang hingga kini masih digemari.

Liputan6.com, Jakarta Kue klepon merupakan jajanan pasar berupa kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya.

Di Sumatera dan Malaysia, klepon disebut ‘onde-onde’, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia panganan yang disebut Onde-onde adalah bola-bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera.

Meskipun kue klepon ini termasuk makanan tradisional yang mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun kue klepon ini sudah banyak tersebar sangat luas. Bukan hanya orang kampung yang dapat menggemari kue klepon ini, tetapi orang kota pun ternyata banyak yang suka dengan kue basah yang satu ini.

Membahas tentang kue klepon, ternyata sudah ada klepon yang terbuat dari bahan ubi ungu. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Proses pembuatannya pun sama dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu yang kemudian digulingkan dengan kelapa parut sehingga menambah rasa gurih pada kue yang satu ini.

Ubi ungu yang kaya akan betakarotin ini memang sangat pas dijadikan sebagai kue klepon. Nah penasaran kan? Berikut cara membuat kue klepon ubi ungu yang enak dna kenyal seperti Liputan6.com rangkum Selasa (23/10/2018).

Bahan utama:

300 gram ubi ungu

120 gram tepung ketan

1/2 sdt garam

90 ml air hangat

Air untuk merebus secukupnya

 

Bahan isi:

65 gram gula merah yang sudah disisir halus

 

Bahan Lapisan:

Kelapa parut secukupnya

Garam secukupnya

 

Cara Membuat Adonan Kue Klepon Ubi Ungu:

1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu, kupas ubi ungu yang sudah disiapkan. Lalu cuci ubi ungu tersebut sampai benar-benar bersih.

2. Siapkan alat pengukusan. Lalu kukus ubi ungu sampai empuk dan matang. Jika sudah empuk, angkat dan haluskan ubi ungu tersebut sampai benar-benar halus.

3. Siapkan wadah, lalu masukan tepung ketan, garam dan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi.

4. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan mudah dibentuk.

5. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat-bulat kecil.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu:

1. Pipihkan adonan kulit klepon yang sudah dibulatkan, lalu berikan isi gula merah secukupnya. Bungkus gula merah tersebut menggunakan kulit klepon. Lalu bentuk bulat.

2. Siapkan panci yang akan digunakan untuk mengukus kue klepon. Tuangkan air secukupnya saja ke dalam panci. Lalu rebus air sampai mendidih.

3. Jika air sudah mendidih, masukan adonan klepon yang sudah dibentuk tadi. Rebus adonan sampai mengapung di atas air.

4. Masak sampai klepon benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

5. Campurkan parutan kelapa yang sudah disiapkan bersama dengan garam secukupnya. Aduk sampai merata.

6. Kemudian, kukus kelapa yang sudah dicampurkan dengan garam tersebut kira-kira 5-10 menit. Jika sudah, simpan kelapa parut di atas piring.

7. Gulingkan klepon yang sudah direbus di atas kelapa parut sampai permukaan klepon tertutupi kelapa. Setelah itu, bisa langsung dihidangkan atau disajikan kue klepon ini.

8. Kue klepon ubi ungu sudah selesai dibuat, kue klepon ini akan lebih enak dan lezat jika disantap dengan secangkir kopi atau teh hangat.

4 dari 4 halaman

Tentang Klepon

Dikutip dari "Jajanan Tradisional Asli Indonesia" oleh Paskalina Oktavianawati, Jajanan tradisional Indonesia adalah salah satu warisan budaya nenek moyang yang harus dijaga. Cara melestarikan jajanan tradisional dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu membeli jajanan tradisional, mencari tahu bagaimana cara membuatnya, dan mempraktikkan resep-resepnya.

Jajanan tradisional termasuk jajanan sehat, karena dibuat dari bahan-bahan alami, seperti tepung beras dan tepung ketan. Selain itu, jajanan tradisional tidak menggunakan bahan pengawet. 

Salah satunya klepon yang bentuknya bulat, warnanya hijau, di dalamnya berisi gula dan diguling-gulingkan pada kelapa parut. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang diadoni, lalu dibentuk bulat-bulat kecil, diisi gula merah, kemudian direbus dalam air mendidih. Setelah matang ditiriskan, lalu digelindingkan pada parutan kelapa muda. Klepon si bulat hijau siap disantap.

Biasanya penjual kue putu, akan membawa serta klepon di gerobaknya. Klepon juga dapat dijumpai pada penjual jajanan pasar. Di pasar tradisional biasanya ada toko khusus yang menjual jajanan tradisional. Klepon juga dapat dikreasi menjadi banyak warna sesuai keinginan pembuatnya. Selain gula merah, isian klepon juga dapat diganti dengan bahan lain, misalnya cokelat, keju, dan susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.