Sukses

Tak Hanya Gudeg, 6 Kuliner Ini Juga Wajib Dicoba Kala ke Jogja

Liputan6.com, Jakarta Kota Jogja memang selalu menjadi destinasi wisata yang istimewa. Tak hanya soal banyaknya tempat wisata, mulai dari jajaran pantai Laut Selatan yang memukau, alam yang memesona, hingga wisata sejarah dan budayanya, tetapi juga soal kulinernya. Kuliner Jogja memang jadi juara. Kamu pasti sudah biasa dengan gudeg kalau mampir ke Jogja, tapi coba cicipi juga kuliner-kuliner berikut ini.

Sate Klatak Pak Bari

Tempat makan satu ini memang amat tersohor setelah menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi Cinta dan Rangga di film AADC 2. Terlepas dari ketenaran film tersebut, sate kambing milik Pak Bari ini memang sangat enak. Potongan dagingnya besar, empuk, dan bebas bau prengus. Uniknya lagi, sate klatak ini tidak disajikan dengan tusuk sate lidi seperti sate kebanyakan, melainkan pakai jeruji sepeda, lho. Kalau penasaran, silakan mampir ke Pasar Wonokromo di daerah Pleret, Bantul, ya!

Mangut Lele Mbah Marto

Demi menyantap kuliner lezat, rintangan apa pun pasti dilalui. Inilah yang akan kamu dapatkan kalau ingin mencicipi enaknya lele asap atau mangut lele milik Mbah Marto yang berada di Jalan Parangtritis, Dusun Sewon, Bantul. Pasalnya, kamu harus melakukan blusukan untuk bisa menemukan kediaman Mbah Marto yang sudah memulai usahanya sejak tahun 1960 silam. Di sini, kamu bisa memilih sendiri lauk pauk yang menemani santapan sepiring mangut lele yang kelezatannya sangat sempurna.

Mi Ayam Bu Tumini

Sajian mi ayam memang sudah bisa kamu temui di mana saja. Namun, lain cerita kalau kamu berkunjung ke Jogja, karena mi ayam milik Bu Tumini siap menyambut kedatanganmu. Mi ayam yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Umbulharjo, Yogyakarta ini terbilang unik, karena memiliki kuah kental berwarna cokelat yang rasanya sangat nikmat. Belum lagi dengan potongan daging ayam dan ceker yang besar. Tak heran kalau warung mi ayam ini sangat dipadati para pengunjung, terlebih kalau jam makan siang sudah tiba.

Bakmi Mbah Mo

Masih seputar hidangan mi, ada lagi sajian Mi Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Bakmi Mbah Mo. Di sini, kamu bisa menyantap mi goreng, mi rebus, atau mi nyemek dengan suwiran ayam kampung dan telur bebek. Proses memasaknya pun masih begitu tradisional, yaitu menggunakan tungku arang, sehingga cita rasanya semakin sempurna. Bakmi Mbah Mo bisa kamu kunjungi di Jalan Parangtritis KM. 11, Bantul.

SGPC Bu Wiryo 1959

Penasaran kan, dengan nama singkatan SGPC? Tak lain dan tak bukan adalah Sego Pecel Bu Wiryo, yang kelezatannya sudah begitu terkenal sejak tahun 1959. Bumbu pecelnya begitu terasa, terlebih dengan pilihan lauk yang beragam, mulai dari aneka gorengan, satai telur puyuh, satai usus, hingga telur ceplok. Nah, kalau kamu ingin mencobanya, segera datang ke Jalan Agro Nomor 10, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Rujak Es Krim Pak Nardi

Tak perlu khawatir jika Jogja sedang panas, karena kamu bisa melepas dahaga dengan sepiring rujak es krim milik Pak Nardi, yang berlokasi di Jalan Harjowinatan, Pakualaman, Jogja. Rasa pedas rujak serut yang bertemu dengan manis es puter menghasilkan cita rasa pedas manis yang begitu segar. Dijamin, kamu akan ketagihan saat memakannya.

Nah, itu tadi enam kuliner khas Jogja selain gudeg yang mesti kamu coba. Jadi, segera pesan tiket pesawat ke Jogja, ya! Tidak perlu takut akan kehabisan, karena kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah ke Jogja melalui layanan Airy Tiket Pesawat. Cara pemesanannya pun amat mudah, karena bisa kamu lakukan melalui website atau aplikasi Airy yang sudah tersedia di App Store maupun Play Store. Yuk berlibur ke Jogja!

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Cerita Puluhan Warga Mulyorejo Keracunan Usai Santap Soto Kecut
Artikel Selanjutnya
Lika-Liku Gelatik Jawa Bersarang di Atap Hotel Berbintang Yogyakarta