Sukses

Jangan Cuci 10 Barang Ini di Mesin Pencuci Piring

Liputan6.com, Jakarta Mencuci piring menjadi pekerjaan yang melelahkan. Terlebih jika Anda baru saja menggelar acara besar di rumah. Tempat cuci piring Anda mendadak menjadi gunungan piring kotor. Untuk mempermudah, dibuat teknologi berupa mesin pencuci piring.

Mesin pencuci piring akan mempermudah pekerjaan Anda. Namun hati-hati, menggunakan mesin pencuci piring ternyata tidak bisa sembarangan dilakukan. Tidak semua perkakas bisa dicuci bahkan tidak seharusnya dicuci dengan mesin pencuci piring, seperti dikutip dari Purewow pada Minggu (29/7/2018). Apa saja?

1. Kristal

Daripada mengambil resiko perkakas mahal Anda pecah, lebih baik tidak mencuci perkakas berbahan kristal di mesin pencuci piring. Lebih baik dicuci secara manual untuk mengurangi resiko pecah.

2 dari 3 halaman

2. Perkakas kayu

Perkakas yang menggunakan bahan kayu sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin pencuci piring. Mesin pencuci piring akan membuatnya retak dan melengkung. Selain itu, perkakas berbahan kayu akan lebih bersih jika digosok.

 

3. Wajan

Setelah dipakai masak, jangan cuci wajan Anda dengan mesin pencuci piring. Ini akan merusak lapisan iron yang membuat bahan masakan tidak menempel di wajan. Anda bisa membersihkan wajan dengan garam kosher untuk mengangkat sisa kotoran.

4. Parutan keju

Keju parutan di atas roti memang terdengar lezat. Namun setelah menggunakan parutannya, jangan dicuci di mesin pencuci piring. Lebih baik dicuci secara manual agar sisa parutan yang masih menempel bisa terlepas.

3 dari 3 halaman

5. Perkakas dari tembaga

Ketika Anda memiliki perkakas dari tembaga lebih baik dicuci dengan tangan. Agar perkakas tembaga Anda tetap terlindungi dengan cat pelindung.

6. Travel mug

Meski travel mug Anda bertuliskan "aman bagi pencuci piring", lebih baik dicuci secara manual. Suhu yang tinggi, bisa merusak segel vakum dan air bisa terjebak antara lapisan dalam dan luar. Akhirnya menciptakan bau yang tidak sedap di travel mug Anda.

7. Pisau

Air dengan suhu tinggi bsia membuat pisau menjadi kusam dan merusak bagian yang tangga. Sebaiknya, cuci dengan tangan dan keringkan dengan handuk setelahnya.

8. Perkakas berlabel

Menggunakan toples selai untuk hal lainnya menjadi cara yang baik. Namun ketika dicuci, jangan lupa untuk mencabut label yang membalut toples tersebut. Jika tidak, label ini akan masuk ke mesin pencuci piring dan membuat menutup filter.

9. Barang-barang antik

Ketahuilah bahwa mesin pencuci piring dapat merusak detail emas atau detail yang ditulis tangan. Untuk itu, cuci perkakas antik dengan menggunakan tangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Berkat Didikan Ibunda, Yuni Shara Masih Tetap Cuci Piring dan Rukun
Artikel Selanjutnya
Lebih dari 300 Jenis Bakteri Bersarang di Spons Cuci Piring