Sukses

8 Waktu Berbahaya untuk Berbelanja

Liputan6.com, Jakarta Belanja mungkin menjadi satu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, ya. Jika Anda salah satu yang senang sekali belanja, pernahkah membuat anggaran?

Bahkan dengan anggaran sekalipun, terkadang pengeluaran tidak bisa diprediksi, bukan? Jangan khawatir, dilansir dari huffingtonpost.com, Jumat (9/2/2018), berikut ini adalah beberapa waktu sebenarnya Anda dilarang untuk belanja, penasaran kapan saja?

1. Ketika Anda sedang memeriksa email

Ya, banyak label akan mengirimkan kode diskon ketika Anda bersedia memberikan alamat email untuk berlangganan dan ini berbahaya. Berhati-hatilah terhadap email yang mempromosikan penjualan dalam waktu terbatas, mereka diciptakan untuk memberi Anda perasaan mendesak.

Faktanya, pembelian akan jauh lebih menggoda ketika waktu yang tersedia terbatas. Lain kali, ketika Anda mendapatkan iklan diskon melalui email, cobalah berpikir kembali dan waspada.

2. Ketika Anda mendapatkan rezeki tidak terduga

Ketika Anda mendapatkan rejeki tidak terduga, seperti bonus atau pengembalian pajak, aturan praktis yang harus diingat adalah memasukkan 90 persen ke tabungan dan 10 persen untuk bersenang-senang. Hal ini mungkin terasa seperti uang gratis, sebenarnya tidak.

3. Ketika Anda menjalani hari yang buruk

Sebagian besar orang akan mulai belanja ketika mengalami hari yang buruk, seperti lapar, marah, kesepian, lelah, dan takut. Saat-saat tersebut membuat Anda paling rentan untuk belanja hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

 

1 dari 3 halaman

Jangan belanja di waktu-waktu ini

4. Ketika Anda mabuk

Minum alkohol dan merokok ganja dapat menurunkan kemampuan Anda untuk berpikir dan membuat pilihan yang buruk. Hampir setengah orang Amerika yang mabuk teratur setiap minggu melakukan berbagai pembelian spontan, dengan pakaian di daftar teratas.

Sembunyikan informasi kartu kredit ketika Anda ingin mabuk. Serta ingat untuk memperingatkan diri sendiri tentang bahaya belanja saat mabuk.

5. Ketika libur

Hari libur memang merupakan masa-masa sulit untuk mengendalikan pengeluaran, bukan? Harapan yang tidak realistis akan datang pada masa-masa ini.

Cobalah cari kegiatan apa saja yang bisa membuat Anda lupa untuk belanja di hari libur. Kelilingi diri sendiri dengan orang lain dan hindari isolasi sosial ketika libur.

6. Ketika Anda hanya perlu klik untuk mengeluarkan uang

Waktu yang diperlukan untuk belanja mungkin adalah saat terbaik untuk berpikr kembali. Belanja satu klik dengan mengeluarkan uang tunai mungkin rasanya sama, sehingga Anda harus pandai mengatur keuangan diri sendiri.

Gunakan uang tunai, ini akan membantu Anda menyadari pembelian yang tidak perlu. Selain itu, berhentilah berlangganan situs tertentu dan batasi akses Anda sendiri.

2 dari 3 halaman

Jangan belanja di waktu-waktu ini

7. Ketika Anda telah melakukan pengeluaran yang besar dan skala kecil tidak terlihat

Inilah mengapa hotel bisa memberi harga cukup mahal untuk sebotol air putih, karena biaya kamarnya saja jauh lebih mahal, bukan untuk semalam? Jangan jatuh dalam jebakan ini.

8. Ketika Anda tidak sadar

Belanja adalah metafora dan inilah yang harus menjadi cara pandang diri sendiri dengan dunia yang ada di sekitar. Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang belanja ide dan pengalaman jauh lebih bahagia ketimbang mereka yang belanja barang dan jasa.

Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Ini 8 Waktu yang Paling Rentan untuk Berbelanja
Artikel Selanjutnya
Wajib Tiru, 9 Trik Belanja Hemat bagi Wanita Sibuk