Sukses

6 Tips Sehat untuk Anda yang Bekerja di Depan Komputer

Sama halnya dengan bekerja di lapangan, bekerja di depan komputer juga punya risiko terganggunya kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Minimnya gerak dan mata yang lelah karena harus terus menerus menatap layar komputer seharian selalu menjadi penyebab masalah kesehatan terjadi. Bagi Anda yang memiliki rutinitas seharian penuh bekerja di depan komputer, cobalah untuk menyesuaikan rutinitas tersebut saat bekerja untuk menghindari masalah kesehatan yang timbul seperti gangguan persendian, mata dan sakit punggung. Seperti disarikan dari laman shape.com, Kamis (28/12/2017), inilah 6 cara tetap sehat meski Anda seharian bekerja di depan komputer.

Atur Jarak Pandang

Atur jarak pandang Anda terhadap komputer. Jika jarak pandang tidak seimbang, mata dan persendian Anda akan berisiko mengalami gangguan seperti mata kering, sakit leher dan bahu.

Minum Air Putih

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, minum air putih yang banyak juga membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Selain itu, dengan banyak minum air putih menyebabkan Anda harus pergi ke kamar kecil yang membuat Anda harus menggerakkan tubuh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alarm Satu Jam Sekali

Luangkan sedikit waktu untuk menggerakkan tubuh Anda sesekali. Hal ini sangat diperlukan untuk meregangkan otot dan melancarkan aliran darah. Buat alarm satu atau dua jam sekali untuk melakukannya. Tak perlu gerakan yang sulit, cukup mengelilingi ruangan Anda bekerja atau menuruni tangga secukupnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Naik Tangga dan Jalan Kaki

Jika Anda bekerja di gedung bertingkat tinggi, turunlah dua lantai sebelum ruangan Anda berada kemudian lanjutkan dua lantai tersebut menggunakan tangga. Cara lainnya adalah dengan memilih tempat parkir yang agak jauh, sehingga Anda memiliki kesempatan berjalan kaki.

 

 

4 dari 5 halaman

Atur Tampilan Layar

Atur besar kecilnya tampilan di layar komputer Anda. Usahakan jangan terlalukecil dan terlalu terang karena akan mengakibatkan mata Anda kelelahan dan sakit kepala.

 

 

5 dari 5 halaman

Berkedip

Hal ini terkesan sederhana, namun sangat membantu Anda mengurangi resiko gangguan pada mata. Apalagi untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer, selain berkedip menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkannya.

(Risqi Rosmalawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.