Sukses

6 Tips yang Jarang Dicoba untuk Dapat Liburan Bujet Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang cenderung ragu untuk liburan karena terpentok dengan urusan bujet. Perhitungan biaya tiket pesawat, hotel, makan, dan hal kecil lainnya membuat banyak orang mundur duluan sebelum liburan.

Yang benar adalah, liburan akan menjadi sangat murah jika Anda bersedia membuka pikiran. Cobalah ubah cara berpikir dengan mempertimbangkan beberapa pilihan wisata yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mencari cara dari orang yang sering liburan dengan bujet terjangkau. Seperti melansir dari Hufingtonpost, pada Minggu (30/10/2016), inilah 6 tips untuk membuat liburan dengan bujet terjangkau.

1. Liburan dengan kelompok kecil.
Liburan bersama dengan kelompok besar dengan orang yang banyak bisa menjadi awal dari waktu yang mengerikan saat liburan. Berpergian dengan kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai empat orang bisa menjadi keputusan yang tepat untuk melakukan liburan dengan biaya yang terjangkau.

Dengan orang yang tidak terlalu banyak Anda akan lebih mudah untuk membagi biaya yang akan memotong biaya keseluruhan saat berlibur. Sebagai contoh, Anda melakukan perjalanan dari Pennsylvania ke Niagra Falls dengan anggota kelompok sebanyak empat orang dan membagi harga bensin, tol, kamar hotel, dan makanan.

Anda akan mampu untuk menginap di Marriot Hotel yang menghadap ke air terjun hanya dengan 44 Dolar AS per malam untuk satu orangnya, bila dengan banyaknya orang maka Anda akan sulit untuk mengatur itu semua.

2. Jangan menghabiskan terlalu banyak uang.
Jika Anda pergi traveling untuk mendapatkan liburan yang mewah, pasti akan banyak menghabiskan uang untuk mendapatkannya. Jangan pernah mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda "pantas" untuk makan di restoran yang mahal untuk setiap kali makan, menginap di hotel bintang lima, atau membeli sesuatu yang bukan merupakan kebutuhan Anda. Jika Ada ingin melakukan liburan yang lebih lama dan melakukan hal-hal yang benar-benar penting untuk mendapat pengalaman baru pada setiap kali liburan, Anda harus menahan diri untuk menghabiskan uang terlalu banyak.

3. Jadilah seseorang yang simpel dan ekonomis.
Bersamaan dengan tidak sembrono terhadap pengeluaran uang yang akan Anda keluarkan saat liburan, Anda harus sengaja hemat saat liburan. Seperti contohnya, Anda membawa makanan dari rumah untuk bekal saat perjalanan, untuk perjalanan yang dilakukan dalam waktu yang lama itu akan sangat berguna untuk menekan biaya saat liburan

4. Pergi ke tempat di mana Anda memiliki seseorang yang dikenal.
Pernahkah Anda berpikir untuk pergi liburan ke tempat di mana terdapat orang yang Anda kenal? Jika belum, maka Anda harus melakukannya sesekali. Hotel bisa menjadi biaya yang besar ketika Anda datang untuk berlibur, maka bila Anda tinggal sementara dengan seseorang yang Anda kenal maka itu adalah hal yang cukup bijak untuk mengurangi biaya liburan Anda.

5. Cari promo dan diskon.
Saat ini banyak dari maskapai, hotel, sampai jasa perjalanan yang memberikan promo dan diskon yang bisa Anda pergunakan saat Anda liburan. Tetapi biasanya itu ada dari beberapa minggu atau beberapa bulan sebelumnya. Sebab itu Anda harus merencanakan kira-kira kapan akan liburan dan mulai mencari promo dan diskon dari sekarang.

6. Mencoba metode wisata alternatif.
Banyak alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mendapat liburan yang terjangkau yang biasanya belum pernah Anda coba sebelumnya. Semisal untuk menuju tempat wisata satu dan yang lainnya Anda meminta tumpangan dari orang yang lewat, dan menginap di rumah warga setempat. Bila Anda ingin menekan biaya saat melakukan liburan, Anda bisa membayar mereka dengan tenaga Anda, contohnya memberi makan hewan peliharaan, mencuci mobil, dan sebagainya.

(Achmad Rully P)

Artikel Selanjutnya
Wajib Coba! 7 Tips Hemat ala Anak Kosan di Bulan Puasa
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Cara Menikmati Liburan Tanpa Harus Keluar Banyak Uang?