Sukses

5 Tips Bikin Rumah Jadi Lebih Nyaman di Sisa Usia

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendesain rumah di hari tua.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, pertambahan umur akan terus terjadi dan perubahan kemampuan diri juga akan berkurang. Umur yang terus bertambah juga dapat mengakibatkan kemampuan penglihatan berkurang, fokus menurun, dan berbagai gejala lainnya. Terkadang, mereka juga akan ditinggal oleh anak-anak yang telah menikah dan menghabiskan masa tuanya berdua dengan pasangan atau bahkan seorang diri.

Memiliki rumah yang nyaman untuk tempat tinggal para manula tentunya dibutuhkan agar mereka dapat hidup dengan tenang dan mudah. Terkadang beberapa dekorasi seperti tangga, kamar mandi, dan beberapa ornamen lainnya dapat membuat para manula merasa sulit untuk beraktivitas. Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu di dalam rumah yang malah akan menyulitkan Anda bukan?

Jika Anda memiliki keluarga, teman, atau kerabat yang sudah manula, atau bahkan ingin mendesain untuk rumah di masa tua Anda, dilansir dari laman Reader's Digest, Jumat (6/3/2015) berikut desain mudah untuk rumah manula yang dapat membuatnya merasa lebih nyaman tinggal di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tidak Membuat Bagian Depan Bertingkat

1. Tidak Membuat Bagian Depan Bertingkat

Jangan menggunakan tangga pada bagian depan, belakang, atau samping rumah yang dapat membuat akses menuju rumah menjadi sulit. Terkadang para manula akan menggunakan tongkat atau kursi roda untuk membantunya berjalan. Jadi jangan membuat mereka kesulitan dalam melangkah untuk masuk ke dalam rumah.

3 dari 6 halaman

Gunakan Pintu yang Lebar

2. Gunakan Pintu yang Lebar

Gunakanlah pintu yang lebar setidaknya berukuran 36 inci atau sekitar satu meter. Ini akan mempermudah para manula memasuki rumah jika menggunakan kursi roda. Usahakan juga untuk membuat lorong-lorong di rumah lebih lebar sekitar 48 inci atau sekitar 1,1 meter. Ini juga akan lebih nyaman untuk pergerakan di dalam rumah.

4 dari 6 halaman

Hanya Terdiri dari Satu Lantai

3. Hanya Terdiri dari Satu Lantai

Para manula akan merasa kesulitan jika memiliki kamar di lantai dua. Untuk itu, jangan membuat rumah bertingkat terlebih lagi meletakkan kamar mereka di lantai atas. Ini dapat membuat mereka merasa sulit karena harus naik dan turun tangga.

5 dari 6 halaman

Menempatkan Saklar di Tempat Terjangkau

4. Menempatkan Saklar di Tempat Terjangkau

Usahakan untuk meletakkan saklar di tempat terjangkau agar para manula mudah untuk mengatur penerangan pada ruangan. Jangan letakkan alat ini lebih dari 1, 3 meter di atas lantai agar dapat terjangkau dari kursi roda.

6 dari 6 halaman

Gunakan Gagang Pintu yang Simple

5. Gunakan Gagang Pintu yang Simple

Jangan menggunakan model gagang pintu yang rumit. Gunakanlah yang simple dan mudah digunakan sepeti gagang bulat yang diputar. Selain itu gunakan juga tuas keran yang mudah untuk diraih dan digunakan oleh para manula.

Cukup mudah bukan membuat para manula hidup nyaman di rumahnya? Menghabiskan masa tua dengan menyenangkan bisa dilakukan dengan desain rumah sederhana ini. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini