Sukses

Parade Ulos Sadum 500 Meter Berhasil Raih Rekor Muri

Ulos sepanjang 500 Meter di Festival Danau Toba 2014 dapat rekor MURI.

Liputan6.com, Balige Parade Ulos Sadum sepanjang 500 meter berhasil tercatat sebagai ulos terpanjang di Indonesia memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

 

Atraksi tersebut diselenggarakan bertepatan dengan pembukaan Festival Danau Toba 2014 di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada 17 September 2014.

 

“Ulos batak ini memecahkan rekor ulos terpanjang di dunia. Ulos ini dikerjakan oleh 20 orang anggota kelompok pengrajin Batak binaan Bank Indonesia secara bergantian selama sekitar delapan bulan,” ujar Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho saat mengahadiri Pembukaan Festival Danau Toba di Meseum TB Silalahi Centre, Balige Sumatra Utara, Rabu (17/9/2014).

 

Seperti yang dilansir dari Infopublik.kominfo.go.id, Kamis (18/9/2014), Festival Danau Toba (FDT) tahun ini menjadi tahun kedua pelaksanaannya setelah namanya berganti dari sebelumnya Pesta Danau Toba.

 

“Ini merupakan sarana promosi objek wisata budaya dan wisata alam di kawasan Danau Toba. Diharapkan dengan terselenggaranya acara FDT ini jumlah wisatawan yang berkunjung akan terus mengalami peningkatan,” kata Gatot Pujo Nugroho.

 

Lebih lanjut, pada FDT 2014 akan dipusatkan di empat lokasi, yaitu TB Center, Lapangan Sisingamangaraja, Sekolah Del, dan Dermaga.

 

Acara akan diramaikan dengan kegiatan pergelaran seni dan budaya yang terdiri atas lomba fotografi, jelajah destinasi Toba Samosir, trail adventure motor offroad, lomba suara dan solo, lomba burung berkicau, permainan tradisi, konvoi becak khas Toba Samosir, paralayang, dan lomba renang rakyat 10 kilometer.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini