Sukses

8 Cara Cerdas Berlibur Secara Hemat (2)

Agar liburan jangan sampai menguras seluruh isi kantong dan tabungan Anda dalam sekejap, ini dia, triknya!

Liputan6.com, Jakarta Work hard, party hard; begitu kata pepatah yang menggambarkan keseimbanan dalam hidup. Setelah bekerja keras, rasanya pantas bila mengganjarnya dengan liburan yang menyenangkan.

Tetapi jangan sampai liburan menguras seluruh isi kantong dan tabungan Anda dalam sekejap. Berikut ini bagian kedua dari tips yang ditulis Liputan6.com, Kamis (10/4/2014) untuk Anda. Ini dia, triknya!

5. One whole packaging. Peraturan perjalanan ke luar negeri umumnya lebih ketat ketimbang domestik. Pastikan barang bawaan Anda tidak lebih dari berat yang ditentukan. Jangan meletakkan dokumen pribadi dalam tas yang hendak dimasukkan ke dalam bagasi.

6. Gunakan transportasi umum. Ongkos taksi di luar negeri umumnya lebih mahal ketimbang di Indonesia, terutama di Eropa. Lagipula, sensasi menggunakan transportasi umum di luar negeri umumnya lebih menyenangkan karena sistem yang lebih baik disana. Kalau Anda tinggal lebih lama, belilah belilah tiket terusan atau tiket langganan.

7. Jelajah budaya lokal. Mulai dari wisata kuliner, hingga bahasa setempat. Selain pengalaman baru, umumnya harga makanan lokal lebih murah ketimbang makanan berlabel asing. Jangan lupa berbekal peta lokal dan kamus bahasa setempat. Ucapkan terimakasih dalam bahasa setempat untuk menunjukkan bahwa Anda mencoba untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

8. Jangan kunjungi tempat wisata sendirian. Walaupun Anda pergi sendirian, usahakan ketika hendak mengunjungi tempat wisata lokal bersama-sama dengan teman sehotel atau gunakan agen perjalanan lokal. Banyak tempat wisata yang menawarkan harga tiket masuk yang lebih hemat untuk rombongan ketimbang datang sendirian. Selain harga yang lebih hemat, mengunjungi tempat wisata beramai-ramai akan memberikan lebih banyak pandangan mengenai tempat tersebut, dan juga tentu saja, teman!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.