Sukses

8 Cara Cerdas Berlibur Secara Hemat (1)

Agar liburan jangan sampai menguras seluruh isi kantong dan tabungan Anda dalam sekejap, ini dia, triknya!

Liputan6.com, Jakarta Work hard, party hard; begitu kata pepatah yang menggambarkan keseimbanan dalam hidup. Setelah bekerja keras, rasanya pantas bila mengganjarnya dengan liburan yang menyenangkan.

Agar liburan jangan sampai menguras seluruh isi kantong dan tabungan Anda dalam sekejap. Seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (10/4/2014) ini dia, triknya!

1. Tentukan tempat mana yang hendak dikunjungi. Lakukan survei sebelum berlibur. Untuk mempermudah pilihan, coba buka artikel-artikel perjalanan di Liputan6.com. Kami mungkin bisa menjadi referensi. Jangan lupa membuat tema liburan; adventure, travel around museum, atau variatif target.

2. Belilah tiket secara online. Selain harga yang lebih murah, tiket online seringkali menawarkan harga promo yang dapat menghemat hingga 50 persen! Umumnya harga tiket murah untuk perjalanan di hari selasa hingga kamis. Sistem ini juga ramah lingkungan karena paperless  dan tidak merepotkan Anda untuk menyimpan kertas dalam tas.

3. Gunakan kartu telepon lokal. Survei menyatakan bahwa biaya telekomunikasi di Indonesia, merupakan salah satu yang termahal di dunia. Jadi, belilah kartu telepon lokal untuk menghemat biaya komunikasi Anda. Jika Anda tidak merasa memerlukan telepon atau SMS, menggunakan paket internet dari kartu telepon lokal akan tetap membuat Anda terhubung dengan internet secara stabil ketimbang mengandalkan fasilitas wifi gratis. Tidak semua negara memiliki fasilitas wifi yang di banyak tempat.

4. Booking hotel secara online. Bila budget memadai dan Anda ingin menginap di hotel yang nyaman dengan fasilitas berbintang, sebaiknya booking kamar . Anda dapat menghemat hingga 50 persen. Bila budget tidak memadai, menginaplah di losmen atau hostel. Kebanyakan negara memiliki fasilitas hostel atau losmen yang jauh lebih baik sehingga serasa di rumah sendiri.

(bersambung)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini