Sukses

Jurus Kominfo Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Maternal

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perluasan akses dan pemanfaatan inovasi pelayanan kesehatan maternal berkualitas. Salah satu caranya dengan menggelar webinar yang bekerja sama dengan Sehari Group dan didukung Asosiasi Telemedik Indonesia (Atensi) dan Ikatan Bidan Indonesia.

Webinar ini menjadi salah satu upaya melakukan digitalisasi di sektor strategis kesehatan serta meningkatkan pengetahuan para tenaga kesehatan dan staf non-medis terkait implementasi peran inovasi dan teknologi kesehatan. Kegiatan webinar ini dihadiri oleh tenaga kesehatan yang terdiri dari bidan praktik mandiri, bidan fasilitas kesehatan, komunitas bidan,dan mahasiswa kebidanan di Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Gowa, dan Kota Tual.

Beberapa poin pembahasan dalam seminar ini, antara lain, deteksi dini faktor risiko hipertensi pada kehamilan, tata laksana pendarahan persalinan, dan peran teknologi dalam kesehatan maternal.

Dalam sambutannya, Direktur Ekonomi Digital Kominfo I Nyoman Adhiarna menuturkan, teknologi informasi merupakan backbone dari transformasi sistem kesehatan nasional.

“Peran Kemkominfo yang sebelumnya menjadi regulator, namun kini lebih menekankan peran sebagai fasilitator khususnya mendorong sektor-sektor termasuk sektor kesehatan dalam melakukan transformasi digital,” ujarnya, dalam keterangan tertulis..

Ada empat aspek yang ingin dibangun, yakni, infrastruktur digital, ekonomi digital, adalah pemerintah digital, dan masyarakat digital.

“Ke depan, kami akan bertindak sebagai akselerator khsusnya mendorong sektor-sektor termasuk sektor kesehatan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Ade Jubaedah menyampaikan, transformasi digital juga mempengaruhi pada bidang pelayanan kesehatan, khususnya kebidanan.

“Betapa besar peran penting bidan khususnya dalam mengawal kesehatan ibu dan anak di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS