Sukses

Wamenkominfo Jajaki Kerja Sama Digital Saat Lawatan ke AS

Nezar menyatakan mewakili Pemerintah Indonesia akan melihat best practices teknologi terbaru yang tepat untuk diterapkan pada perangkat dan pengelolaan data governance.

Liputan6.com, Washington Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) Seattle bertemu dengan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. Pertemuan itu merupakan kunjungan kerja yang dilakukan Wamenkominfo Nezar, Jumat (26/4). Selain bertemu dengan Permias Seattle, Nezar akan menjajaki peluang kerja sama dengan perusahaan global seperti Amazon Web Services dan Microsoft.

"Kita tahu, Kota Seattle ini merupakan kota teknologi, sehingga ada beberapa hal yang akan kita diskusikan, misalnya soal peluang kerja sama Kementerian Kominfo dalam rangka meningkatkan  kompetensi hingga kapabilitas dari human capital, terutama untuk memperkuat talenta digital Indonesia," ujar Nezar di Seattle, Washington, Sabtu (27/4) waktu setempat.

Nezar menyatakan mewakili Pemerintah Indonesia akan melihat best practices teknologi terbaru yang tepat untuk diterapkan pada perangkat dan  pengelolaan data governance. 

"Pertemuan Kementerian Kominfo dengan Amazon Web Services akan berlangsung pada Senin 29 Mei waktu USA. Kita akan berdiskusi mengenai dengan mereka, lalu setelah itu melanjutkan kunjungan ke Kantor Microsoft untuk berdiskusi tentang Keamanan Siber (Cyber Crime). Dan, ada sesi khusus tentang Artificial Intelligence yang dikembangkan Microsoft," kata Nezar, 

Nezar juga akan membahas peluang pengembangan Pusat Data Nasional (PDN) yang tengah dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Menurutnya, saat ini pengerjaan PDN sudah 45% dan akan memerlukan tata kelola yang baik agar bisa digunakan dengan optimal.

"Kami harapkan PDN di Cikarang, bisa selesai pada 10 Oktober 2024, untuk bisa diresmikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Untuk itulah kita coba mendalami bagaimana data governance yang baik, yang cocok untuk Indonesia, sekaligus memenuhi data sovereignty. Itu salah satu tujuan kita hari ini," ujarnya seraya menjelaskan rencana pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. 

Tiba di Bandar Udara Internasional Seattle Tacoma pukul 10.25 waktu setempat, Nezar didampingi Staf Khusus Riant Nugroho. Dalam kunjungan kerja, Wamen Nezar Patria juga akan bertemu dengan  perwakilan Diaspora Indonesia yang bekerja dan sekolah di kota teknologi itu.

"Permias Seattle merupakan organisasi nirlaba mahasiswa yang berbasis di Seattle. Organisasi itu dijalankan secara mandiri oleh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Greater Seattle Area," katanya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.