Sukses

Lafal Doa Setelah Azan Maghrib yang Diajarkan Rasulullah Agar Hari Makin Berkah

Rasulullah SAW mengajarkan istrinya, Ummu Salamah RA, sebuah doa ketika sore, atau setelah azan maghrib dikumandangkan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kalender hijriyah, pergantian hari adalah petang saat matahari tenggelam dan digantikan malam atau saat maghrib. Tentunya kita berharap agar hari yang sudah dilalui berkah dan makin berkah keesokan hari.

Sepanjang hari, selain amal dan perbuatan baik lainnya, manusia tak luput dari kesalahan. Karena itu, Rasulullah menganjurkan agar umat Islam berdoa untuk memohon ampunan kepada Sang Khalik.

Diriwayatkan, Rasulullah SAW mengajarkan istrinya, Ummu Salamah RA, sebuah doa ketika sore, atau doa setelah azan maghrib dikumandangkan.

Rasulullah SAW meminta istrinya untuk meminta ampunan Allah pada pergantian hari sebagaimana hadis riwayat At-Turmudzi dan Abu Dawud. Adapun doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Ummu Salamah RA adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allāhumma hadzā iqbālu laylika wa idbāru nahārika wa ashwātu du‘ātika faghfir lī.

Artinya: "Ya Allah, kini malam-Mu datang, siang-Mu berlalu, dan suara para penyeru ke jalan-Mu telah terdengar. Ampunilah aku."

Doa ini bersumber dari Kitab Fathul Muin. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah adzan maghrib. (Zainuddin Al-Malibari, Fathul Mu’in pada Hamisy I‘anatut Talibin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz I, halaman 280). Wallahu a'lam. (Sumber: Nu Online).

Tim Rembulan

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.